Tampilkan di aplikasi

Face ID, sistem penengenalan wajah besutan Apple

Majalah TPLUS - Edisi 84
22 Januari 2018

Majalah TPLUS - Edisi 84

Mekanisme ini dianggap berbeda dari teknologi pengenalan wajah yang ada saat ini.

TPLUS
Dalam acara peluncuran tiga produk iPhone baru pada 12 September lalu di Steve Jobs Theatre, Apple mengenalkan fitur baru baru di iPhone X, yaitu Face ID. Sesuai namanya, Face ID adalah sistem pengenalan wajah terbaru besutan Apple. Kehadiran Face ID ditujukan untuk menggantikan Touch ID ketimbang menambahkan mekanisme keamanan lain.

Fitur ini memungkinkan pengguna membuka perangkat Apple, melakukan pembelian di berbagai toko digital Apple (iTunes Store, App Store, dan iBooks Store), dan mengotentikasi Apple Pay secara online maupun melalui aplikasi. Selain itu, kehadiran Face ID di iPhone X juga merupakan solusi dari hilangnya tombol fisik home.

Face ID dapat memudahkan pengguna dalam mengamankan ponsel maupun membuka kunci keamanan dengan mudah, cukup hadapkan bagian depan ponsel dengan wajah Gadgetarian.

Face ID bekerja dengan memanfaatkan 3 bagian utama yakni Dot Projector yang berguna untuk memproyeksikan wajah pengguna ke dalam 30.000 titik tak kasat mata. Infrared Camera yang berguna untuk menangkap atau merekam pola bentuk wajah dari kumpulan titik.

Juga ada Flood Illuminator yang berfungsi memberikan pencahayaan infra merah tak kasat mata guna mendukung kerja perangkat di saat minim cahaya. Singkatnya, ketiga bagian tersebut membentuk model wajah 3 dimensi penggunanya. Dari proses ini semua, autentikasi bekerja untuk mengenali wajah pemilik atau orang lain.
Majalah TPLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI