Tampilkan di aplikasi

Teknologi di pergelangan anda

Majalah TPLUS - Edisi 106
1 Agustus 2019

Majalah TPLUS - Edisi 106

Smartwatch

TPLUS
Pasar wearable device, termasuk smartwatch dan smartband, terus menunjukkan grafik positif dari tahun ke tahun. Menurut data IDC, pada kuartal pertama (Q1) tahun ini, pengiriman wearable device di seluruh dunia mencapai 49,6 juta unit atau naik 55,2 persen dari tahun sebelumnya.

Dari angka tersebut, pengiriman smartwatch dan smartband tumbuh 31,6 persen secara tahunan (year on year/YoY) dan jumlahnya mencapai 63,2 persen dari semua wearable device yang dikirim ke seluruh dunia pada Q1.

Data ini jelas menunjukkan bahwa tren gawai yang bisa dikenakan, khususnya jam dan gelang pintar, kian diterima oleh masyarakat luas. Ada beberapa hal yang membuat jam dan gelang pintar cepat diterima oleh pasar, salah satunya adalah fungsi dan fiturnya Fungsi dan Fitur Gelang dan jam pintar memiliki fungsi dan fitur yang dianggap dapat menunjang ponsel pintar masa kini. Menampilkan notifikasi pesan dan lainnya, serta menjadi remote untuk mengaktifkan fitur-fitur di smartphone menjadi contoh fungsi gelang dan jam tangan pintar selain dapat menampilkan informasi jam.

Khusus untuk gelang pintar, perangkat ini menawarkan fitur-fitur kesehatan, seperti penghitung langkah, pengukur detak jantung dan jumlah kalori yang terbakar saat kita berolahraga. Sementara smartwatch fiturnya lebih lengkap lagi, bahkan ada yang dilengkapi kamera dan fitur telepon layaknya ponsel.

Semua fitur ini terbukti diterima oleh konsumen seiring dengan meningkatnya penjualan gelang pintar di pasar. Bahkan, gelang pintar mulai menjadi aksesori wajib untuk smartphone selain headset atau earphone. Dan bukan hanya produsen ponsel pintar saja yang senang dengan tren ini, para pelaku industri kesehatan pun turut gembira karena kini mereka dapat membagikan teknologi mereka ke konsumen dengan lebih mudah.
Majalah TPLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI