Tampilkan di aplikasi

Tips fotografi memotret anak kecil

Majalah TPLUS - Edisi 106
1 Agustus 2019

Majalah TPLUS - Edisi 106

memotret anak kecil

TPLUS
Masa anak-anak adalah masa yang sangat menyenangkan, orang tua ingin mengabadikan setiap momen yang berharga dari anak mereka. Mulai saat mereka masih bayi, balita ataupun saat mereka sudah mulai sekolah.

Tingkah anak yang lucu dan menggemaskan menjadi penghibur bagi yang melihatnya sehingga layak untuk diabadikan. Suasana hati (mood) yang terpancar dari wajahnya atau bahasa tubuhnya akan membuat kita sebagai orang tua terpesona dan terkagum-kagum.

Seolah-olah mereka punya dunia sendiri yang tidak bisa dimasuki oleh orang dewasa. Menyadari akan hal tersebut, maka mengabadikan setiap ekspresi anak dalam dunianya ke dalam foto menjadi hal yang sangat berharga, karena momen tersebut tidak akan pernah bisa kembali lagi. Pendekatan yang harus digunakan adalah pendekatan dunia mereka (anak-anak) dan untuk alasan itu, kita harus bisa membaca gerakan atau tingkah laku mereka.

Mengabadikan tingkah mereka sehari-hari ke dalam foto tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, membutuhkan kesabaran yang ekstra. Jika kita tidak sabar, maka kita sendiri yang akan stress dan kewalahan, dan jangan lupa bahwa lampu kilat (flash) anda dimatikan agar tidak mengganggu konsentrasi anak, dan gunakanlah cahaya alami. Berikut adalah beberapa teknik sederhana yang harus diperhatikan saat memotret anak.

1. Fokus pada mata
2. Perhatikan latarbelakang (background)
3. Kamera sejajar dengan mata mereka
4. Sabar dan delalu siap
5. Ekspresi alami
Majalah TPLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI