Tampilkan di aplikasi

Mengenal natural light dari cahaya matahari

Majalah TPLUS - Edisi 107
3 September 2019

Majalah TPLUS - Edisi 107

Membuat foto dengan menggunakan cahaya yang ada atau natural light, atau yang biasa disebut sebagai available light bisa menghasilkan foto yang bagus hanya dengan teknik yang sederhana.

TPLUS
Sering kali saat kita berkunjung ke kafe, vila, cottage atau taman lindung takjub dengan pesona pencahayaan alami yang datang dari matahari. Bayanganbayangan panjang di atas cangkir kopi, kursi taman atau sofa cantik di living room dan cahaya jatuh tidak teratur di hutan lindung nampak memesona, sederhana tetapi memberi pesan personal mendalam. Membuat foto dengan menggunakan cahaya yang ada atau natural light, atau yang biasa disebut sebagai available light bisa menghasilkan foto yang bagus hanya dengan teknik yang sederhana.

Salah satu kunci keberhasilan bagaimana untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal saat menggunakan natural light adalah dengan cara melakukan eksperimen. Membuat foto yang bagus tak harus menggunakan perangkat lighting studio yang lengkap. Kita bisa membuat foto yang bagus dengan hanya menggunakan natural light. Fotografi adalah tentang cahaya. Belajar bagaimana melihat (cahaya)merupakan hal yang diperlukan guna mengasah mata fotografi kita. Mampu untuk mengetahui intensitas, warna serta arah cahaya bisa sangat membantu Gadgetarian bagaimana memposisikan subyek serta pengaturan kamera.

Memahami Ruang Ruang atau lokasi pengambilan gambar pada natural light yang menjadi pembahasan kali ini merupakan lokasi indoor dan outdoor dimana cahaya matahari sebagai sumber cahaya yang masuk kedalam ruangan,melalui jendela atau jatuh tepat pada objek. Untuk menghasilkan foto yang bagus kita mesti memahami karakteristik dari ruang yang akan menjadi subyek foto kita. Seluas apapun lokasi, kita harus bisa mengeliminir sesuai dengan kebutuhan framing. Dengan demikian kita bisa menentukan kebutuhan cahaya yang diinginkan.
Majalah TPLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI