Tampilkan di aplikasi

Buku UGM Press hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Metode Spektrometri

1 Pembaca
Rp 70.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 210.000 13%
Rp 60.667 /orang
Rp 182.000

5 Pembaca
Rp 350.000 20%
Rp 56.000 /orang
Rp 280.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku yang berjudul Metode Spektrometri ini terdiri dari enam bab, yang berisi tentang Dasar-Dasar Spektrometri, Metode Spektrofotometri UV/Visibel, Metode Fluorometri, Spektrometri Atom, Spektrometri Emisi Atom Dalam Plasma, Arc dan Spark, Spektrometri Inframerah, dan Spektrometri Sinar-X. Dari setiap bab. dikemukakan secara lengkap dan mendalam tentang teori dasar, instrumentasi dan jenis beserta fungsi dari komponen dalam instrumen, dan interpretasi data serta aplikasi dari metode terkait. Dalam interpretasi data dan aplikasi dilengkapi dengan contoh-contoh soal beserta cara penyelesaiannya yang cukup banyak.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Mudasir / Endang Tri Wahyuni

Penerbit: UGM Press
ISBN: 9786233591775
Terbit: Maret 2024 , 164 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku yang berjudul Metode Spektrometri ini terdiri dari enam bab, yang berisi tentang Dasar-Dasar Spektrometri, Metode Spektrofotometri UV/Visibel, Metode Fluorometri, Spektrometri Atom, Spektrometri Emisi Atom Dalam Plasma, Arc dan Spark, Spektrometri Inframerah, dan Spektrometri Sinar-X. Dari setiap bab. dikemukakan secara lengkap dan mendalam tentang teori dasar, instrumentasi dan jenis beserta fungsi dari komponen dalam instrumen, dan interpretasi data serta aplikasi dari metode terkait. Dalam interpretasi data dan aplikasi dilengkapi dengan contoh-contoh soal beserta cara penyelesaiannya yang cukup banyak.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas selesainya penyusunan Buku Ajar Metode Spektrometri. Buku ajar ini berisi aspek teoretis, instrumentasi, dan aplikasi metode analisis spektrometri yang terdiri dari spektrometri UV-tampak, metode fluorometri, dan spektrometri atom, spektrometri IR dan XRD.

Buku ajar ini disusun berdasarkan pengalaman mengajar penulis dengan maksud untuk memberikan tuntunan (guidance) kepada para mahasiswa dan mereka yang berminat mempelajari metode-metode spektrometri, khususnya spektrometri yang didasarkan pada interaksi rediasi elektromagnetik dengan materi. Buku ini hanya memuat garis-garis besar metode-metode tersebut. Mahasiswa dan mereka yang berminat mendalami lebih lanjut tentang metode-metode di atas disarankan untuk membaca bukubuku yang diberikan dalam daftar pustaka di bagian akhir buku ini.

Penulis sepenuhnya menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna, karena itu kritik, saran, maupun masukan-masukan guna penyempurnaan buku ini sangat penulis harapkan.

Akhirnya, penulis berharap mudah-mudahan buku ajar ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dan dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari metode analisis secara spektrometri.

Penulis

Mudasir - Mudasir, menerima gelar B.Sc. dan Drs.

Bidang Kimia dari Universitas Gadjah Mada Indonesia pada tahun 1986 dan 1987. Gelar M.Sc.Eng. dan Ph.D.Eng. dalam Kimia Terapan diperoleh dari Universitas Keio, Jepang masingmasing pada tahun 1993 dan 1999. Penulis sudah diangkat sebagai Guru Besar penuh bidang Kimia di Departemen Kimia, Universitas Gadjah Mada, Indonesia sejak tahun 2006.

Minat penelitian penulis saat ini terutama berkaitan dengan pengembangan bahan baru untuk aplikasi lingkungan dan analitik, termasuk penyisihan/adsorpsi logam berat, pewarna berbahaya serta aplikasi dalam analisis klinis. Penulis juga tertarik pada bidang kimia komputasi, khususnya desain molekul berbantuan komputer yang berbasis pada analisis QSAR dan penambatan molekul. Penulis menerima anugerah Science and Technology Award dari Indonesian Toray Science Foundation dan terpilih sebagai Dosen Terbaik Indonesia (peringkat 3) oleh Kemendiknas pada tahun 2008. Penulis sejauh ini telah menerbitkan lebih dari 118 artikel di jurnal peer-review yang terindeks Scopus maupun Web of Science.
Endang Tri Wahyuni - Endang Tri Wahyuni, yang lahir di Cimahi Jawa Barat pada tanggal 10 Februari 1962, menerima gelar Dra. Bidang Kimia dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1986.

Pada tahun 1991 memperoleh gelar M.S. dari Institut Teknologi Bandung untuk bidang Kimia Analitik. Penulis telah menyelesaikan pendidikan doktor pada tahun 2004 di Universitas Gadjah Mada yang sandwich dengan Murdoch University Australia dalam bidang Kimia Material dan Lingkungan. Gelar Guru Besar bidang Kimia di Departemen Kimia Universitas Gadjah Mada, telah diraihnya pada tahun 2008. Berbagai mata kuliah telah diampunya, antara lain Analisis Kimia Lingkungan, Metode Kimia Pemisahan, Analisis Kimia Spektrometri, Analisis Kimia Non-Destruktif, dan Analisis Polutan di Lingkungan, serta Dasar-Dasar Kimia Hijau dan Sustainabilitas dalam Kimia.

Daftar Isi

Sampul
Halaman Judul
Copyright
Prakata
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Bab I Analisis Spektrometri
     1.1 Interaksi Radiasi Elektromagnetik Denganmateri
     1.2 Absorpsi Radiasi Elektromagnetik Oleh Materi
     1.3 Radiasi Dan Energi Foton
     1.4 Asal Mula Absorpsi
     1.5 Beberapa Contoh Absorpsi Karakteristiksenyawa Organik
     1.6 Perhitungan Kuantitatif Dalam Spektrometri
     1.7 Perhitungan Untuk Campuran Lebih Dari Satuspesies
     1.8 Penyimpangan Hukum Lambert-Beer
     1.9 Kesalahan Fotometri
     1.10 Instrumentasi Spektrometer
     1.11 Macam-Macam Spektrofotometer
Bab II Metode Fluorometri
     2.1 Prinsip-Prinsip Fluoresensi
     2.2 Hubungan Konsentrasi Dan Intensitasfluoresensi
     2.3 Instrumentasi Spektrometer Fluoresensi
Bab III  Spektrometri Atom: Emisi Nyala (Flame Emission): Fes  Serapan Atom (Atomic Absorption): Aas  Fluoresensi Atom (Atomic Fluorescence): Afs
     3.1 Pendahuluan
     3.2 Nyala Sebagai Sumber Uap Atom
     3.3 Jenis Nyala
     3.4 Spektrometri Emisi Nyala (Flame Emissionspectrometry: Fes)
     3.5 Proses Atomisasi
     3.6 Spektrofotometri Serapan Atom (Ssa)
     3.7 Spektrometri Fluoresensi Atom
     3.8 Analisis Kuantitatif
     3.9 Gangguan Dalam Analisis Dengan Aas
     3.10 Aplikasi Metode AAS
Bab Iv Spektroskopi Atom Emisi Berdasarkan Atomisasi Plasma, Arc, Dan Spark
     4.1 Prinsip Dari Metode
     4.2 Sumber-Sumber Eksitasi Atom
Bab V Spektroskopi Inframerah
     5.1 Pengantar
     5.2 Teori Inframerah
     5.3 Instrumentasi Spektrometer IR
     5.4 Vibrasi Aktif Dan Tidak Aktif
     5.5 Preparasi Sampel Untuk Pengukuran Spektra Ir
     5.6 Penyajian Data Spektra Absorpsi Ir
     5.7 Pembagian Daerah Spektra Ir
     5.8 Contoh-Contoh Spektra Ir
     5.9 Contoh Elusidasi Struktur
Bab VI Spektrofotometri Sinar-X
     6.1 Pengantar
     6.2 Metode Difraksi Sinar-X
     6.3 Metode Spektrometri Fluoresensi Sinar-X
Daftar Pustaka
Glosarium
Tentang Penulis