Tampilkan di aplikasi

Pendidikan juga butuh “darah”

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 18
21 Maret 2019

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 18

Rasulullah sendiri secara jelas memerintahkan umatnya untuk belajar sepanjang hayat dan menyebutkan kewajiban menuntut ilmu.

Wakaf Daarut Tauhid
“Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu...,”( QS. al-Alaq [96]:1). Wahyu pertama dalam al-Quran ini mengisyaratkan betapa pentingnya pendidikan. Rasulullah sendiri secara jelas memerintahkan umatnya untuk belajar sepanjang hayat dan menyebutkan kewajiban menuntut ilmu.

Pendidikan merupakan dasar untuk membangun sebuah peradaban. Kejayaan Islam terjadi karena banyak ilmuwan muslim yang menguasai ilmu pengetahuan yang didasari ketauhidan dan akhlakul karimah, seperti al-Khawarizmi, Ibnu Rusd, Ibnu Sina, selain hadirnya para ulama-ulama besar yang juga lahir dari proses pendidikan.

Sayangnya, pendidikan itu tidak murah. Perlu sistem yang didukung oleh dana besar untuk menyediakan berbagai fasilitas dan biaya operasional. Penyediaan sumber pengajaran, seperti buku dan media pembelajaran, gedung tempat mereka belajar dan beristirahat, dan biaya pengajar, serta kebutuhan sehari-hari proses pendidikan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Sangat tidak bijak ketika biaya pendidikan yang mahal itu dibebankan sepenuhnya kepada siswa. Tidak semua orangtua siswa mampu menyediakan biaya tersebut. Hasilnya, hanya segelintir yang mampu menikmati pendidikan berkualitas dan lengkap dengan berbagai fasilitas. Untungnya, Islam sudah memiliki jawaban tantangan tingginya biaya pendidikan ini.
Majalah Wakaf Daarut Tauhid di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI