Tampilkan di aplikasi

Awas jangan salah pilih

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 15
22 Maret 2019

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 15

Berbagai urusan hidup manusia ada aturannya di dalam Islam, termasuk urusan kepemimpinan.

Wakaf Daarut Tauhid
Islam adalah agama sempurna. Berbagai urusan hidup manusia ada aturannya di dalam Islam, termasuk urusan kepemimpinan. Jika urusan yang kecil dan bersifat individual saja Islam memiliki aturannya, maka apalagi urusan yang besar dan bersifat keumatan.

Mayoritas ulama berpandangan, mengangkat seorang pemimpin untuk kemaslahatan kaum muslimin hukumnya wajib. Ibnu Khaldun menjelaskan, seorang pemimpin dalam pandangan Islam memiliki peran menegakkan agama Allah SWT, dan mengelola urusan duniawi untuk kemasalahatan umat karena-Nya.

Allah dengan tegas menjelaskan kepada kaum muslimin mengenai rambu-rambu memilih pemimpin. Akidah menjadi hal yang paling utama, dan sangat penting dalam memilih sosok pemimpin. Pilih Amal di Bulan Ramadan Selain memilih pemimpin, ada banyak pilihan dalam hidup yang dapat membuat seorang muslim mendapat pahala, dan berbuah surga-Nya. Ada pula pilihan yang membuat ia mendapat dosa, bahkan terjerumus ke dalam neraka jahanam.

Di antara sekian banyak pilihan berbuat kebaikan, memaksimalkan amal di bulan Ramadan tentu harus diutamakan. Banyak amal yang dapat dimaksimalkan selama Ramadan. Tapi, sebagai seorang mukmin, haruslah pandai memilih agar amalan tak sia-sia. Lalu, amal apa yang sekiranya dapat diutamakan untuk dilakukan, tanpa mengganggu ibadah lainnya? Amal itu adalah berwakaf.

Wakaf adalah amalan (sedekah) yang pahalanya terus mengalir hingga hari akhir. Bahkan, bila kita berwakaf untuk masjid, Allah akan membangunkan bagi kita sebuah rumah di surga-Nya. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah saw, “Barang siapa membangun sebuah masjid karena mengharap rida Allah. Maka, Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Majalah Wakaf Daarut Tauhid di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI