Tampilkan di aplikasi

Berwakaf, amalan yang dicintai Rasulullah Saw

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 8
29 Mei 2019

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 8

Kabah. Madinah

Wakaf Daarut Tauhid
Amalan wakaf sudah ada sejak zaman Rasulullah saw. Bahkan, sebagian ahli menyatakan, konsep wakaf sudah ada sejak Nabi Adam a.s. Menurut Espacito, salah seorang ahli hukum Islam, wakaf yang pertama ialah bangunan suci Ka’bah di Makkah.

Berdasarkan firman Allah dalam Surah Ali Imran [3] ayat 96, “Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam”. Maka, Bakkah atau Mekkah merupakan rumah ibadah pertama manusia.

Wakaf Rasulullah saw dan Para Sahabat Wakaf pertama kali disyariatkan pada tahun kedua Hijriah, ketika Rasulullan saw di Madinah. Menurut sebagian ulama, yang pertama kali melaksanakan wakaf adalah Rasulullah Saw, yaitu wakaf tanah miliknya untuk dibangun masjid. Sebagian lagi menyebutkan Umar bin Khatab r.a yang pertama kali berwakaf.

Pendapat ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan Umar bin Syabah r.a dari ‘Amr bin Sa’ad bin Mu’adz r.a, ia berkata: “Kami bertanya tentang mula-mula wakaf dalam Islam? Orang Muhajirin mengatakan Umar, sedangkan orang-orang Ansor mengatakan Rasulullah saw.” (Asy-Syaukani : 129) Terlepas dari pendapat tersebut, dalam catatan sejarah, Rasulullah saw pernah mewakafkan tujuh buah kebun kurma di Madina.

Diantara nama-nama kebunnya ialah kebun Araf, Shafiyah, Dalal, dan Barqah.Sementara itu, Umar bin Khatab r.a mewakafkan tanahnya di Khaibar.Ketika pertama kali memperoleh sebidang tanah tersebut, beliau menghadap Rasulullah saw untuk minta petunjuk. Rasulullah saw mengatakan, “Bila engkau suka, kau tahan (pokoknya) tanah itu, dan engkau sedekahkan (hasilnya), tidak dijual, tidak dihibahkan dan tidak diwariskan.”
Majalah Wakaf Daarut Tauhid di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI