Tampilkan di aplikasi

Sekolah dan asrama Eco pesantren, sarana belajar refresentatif

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 7
29 Mei 2019

Majalah Wakaf Daarut Tauhid - Edisi 7

Asarama Eco pesantren

Wakaf Daarut Tauhid
Keindahan panorama alam ditambah kesejukan udara begitu terasa di Eco Pesantren Daarut Tauhiid. Terletak di Cigugur Girang Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Eco Pesantren menjadi lokasi yang kondusif untuk belajar. Oleh karena itu, di atas tanah wakaf seluas 3,4 hektar ini dibangun masjid, asrama, dan sekolah dengan segala fasilitasnya. Riki Taufik Drajat, Kepala Kantor Eco Pesantren DT menjelaskan, Eco Pesantren DT dulu dikenal memiliki usaha agro.

Kini kawasan Eco Pesantren dikembangkan menjadi pusat pendidikan khusus santri ihkwan, tanpa menghilangkan konsep agronya. Sekolah yang dibangun ada tiga, semuanya khusus ikhwan. Yaitu SMA Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS), SMK DTBS, dan SMP DTBS. Pada tahun ajaran 2017/2018 ini tercatat 258 siswa SMA DTBS ditambah 42 santri tahfiz pra SMA DTBS tinggal di Asrama al-Fatih.

Semua asrama, kecuali asrama untuk SMK, dibangun setinggi empat lantai. Pembangunannya dilakukan secara bertahap dengan menggunakan kontruksi baja. Diawali pada tahun 2013, pembangunan dipungkas dengan perampungan lantai tiga dan empat Asrama al-Fatih pada tahun 2016. Semua bangunan asrama di desain seragam dengan pembagian ruangan secara barak. Facade bertema alam dengan dinding berornamen anyaman bambu menjadi ciri khasnya.
Majalah Wakaf Daarut Tauhid di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI