Tampilkan di aplikasi

Kapakkan sayap ke pasar Asia Tenggara

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 10/XXVIII
27 Desember 2017

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 10/XXVIII

Indonesia tetap menjadi fokus pasar, tapi Singapura, Malaysia dan Thailand juga pasar yang dirangsek oleh Jojonomic. / Foto : Warta Ekonomi

Warta Ekonomi
Rumah dengan gerbang hitam di Jalan MPR I Nomor 28 Cipete, Jakarta Selatan aktivitasnya tidak seperti rumah mewah pada umumnya. Gerbang yang sedikit terbuka, halaman dan garasi terlihat dipenuhi mobil dan sepeda motor. Benar saja, rumah itu telah disulap menjadi dapur sekaligus kantor oleh perusahaan startup Jojonomic, startup finansial berbasis aplikasi mobile.

Chief Executive Officer (CEO) Jojonomic, Indrasto Budisantoso yang ditemui Warta Ekonomi di kantor tersebut mengungkapkan sejak diluncurkan oleh Google dalam program Google Launchpad di awal tahun 2016 lalu, Jojonomic terus melakukan improvisasi. Banyak yang telah dilakukan oleh perusahaan, selain melakukan penjualan produk pertamanya, juga menelurkan produk baru hingga ekspansi ke luar negeri.

Saat ini Jonomic telah memiliki dua produk, Jojo Expand dan Jojo Attendance. Jojo Expand menawarkan metode reimbursement otomatis menggunakan perangkat smartphone. Sementara produk kedua, Jojo Attendance masih berkaitan dengan urusan kantor, yang menawarkan metode absensi juga melalui smartphone.

Menurut Indrasto, saat Jojonomic dikenalkan dalam program Google Launchpad di Silicon Valley dan diadu dengan produk serupa hasil karya startup dari Amerika dan Eropa. Jojonomic dinilai unggul karena lebih sempurna. Hal itu membuat Indrasto semakin percaya diri untuk terus mengembangkan Jojonomic.

Hampir dua tahun berjalan, Jojonomic menjadi startup pertama lokal pertama yang menawarkan produk reimbursement otomatis. Tidak hanya di Indonesia, ketika mengintip ke beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand ternyata juga belum ada aplikasi lokal yang sebanding dengan Jojonomic. Pesaingnya hanyalah aplikasi luar yang sudah dikenalnya selama di Silicon Valley.
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI