Tampilkan di aplikasi

Segmen UMKM BRI tambah susah di salip

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 01/MMXVIII
19 Januari 2018

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 01/MMXVIII

Suprajarto, Dirut/CEO PT BRI Tbk / Foto : Warta Ekonomi/Sufri Yuliardi

Warta Ekonomi
BRI memiliki fokus yang tegas untuk menggarap pasar UMKM. Ini pula yang menjadi bahan bakar untuk mencapai tujuan sebagai The Most Valueable Bank in Southeast Asia. Bagaimana inisiatif-inisiatif BRI untuk memperkokoh perannya di pasar tersebut? Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki peran yang sangat signifikan dalam membumikan layanan keuangan sektor perbankan di Indonesia.

Usianya yang sudah 122 tahun, selaras dengan perannya yang sudah menjangkau secara luas, baik di perkotaan, pedesaan, hingga remote area. Taliabu yang berada di Maluku Utara menjadi salah satu cerminan dari kekuatan dan keunggulan BRI dalam menjamah nasabah hingga pelosok daerah. BRI menjadi satu-satunya bank BUMN yang hidup di sana.

Ada satu bank lain kelas bank pembangunan daerah (BPD) yang menjajal di sana, yakni BPD Malut yang hadir belum lama ini. Menaklukkan tantangan seperti ini bukan perkara yang mudah bagi perbankan. Tanpa ada pengalaman dan keberanian yang besar, bank tidak bakal bertahan lama melayani daerah-daerah seperti Taliabu.

Bayangkan saja, untuk menempuh daerah tersebut harus lewati jalur perairan menggunakan speedboat. Para nasabah di daerah tersebut paling tidak harus meluangkan waktunya 3 jam untuk sampai ke BRI unit terdekat di daerah tersebut. Wajar saja, setiap kali ada nasabah yang akan ke kantor unit, maka nasabah yang lainnya menitip setoran kepada nasabah tersebut.

Salah satu penawar tantangan tersebut ialah dengan melakukan banyak inovasi, BRILink salah satunya. Jumlah BRILink sudah mencapai 84.550 agen pada tahun 2016. Adanya BRILink sangat mempermudah para nasabah dan pegawai BRI melakukan transaksi keuangan. Inovasi tersebut akan semakin mempermudah BRI untuk menggarap pasar lebih dalam.
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI