Tampilkan di aplikasi

Ruang kelas penerus keluarga Gobel

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 02/XXVIII
19 Februari 2018

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 02/XXVIII

Chairman & Shareholder Panasonic Gobel Group Companies, Rahmat Gobel. / Foto : Warta Ekonomi

Warta Ekonomi
Ruangan itu nampak sejadul ruang kelas di Sekolah Rakyat Indonesia zaman dulu. Meja dan kursi berbahan kayu jati masih nampak kokoh, dilengkapi dengan dokumen dan arsip yang agak berantakan. Inilah ruang kerja Almarhum Thayeb M. Gobel yang saat ini digunakan oleh Rachmat Gobel.

Di sebelahnya persis, ada ruang tidur, lengkap dengan lemari berisi pakaian, kalender, blangkon, handuk, hingga sabun yang terakhir kali dipakai oleh Almarhum. Di kalender itu tertera angka 1984. Sesaat sebelum memasuki ruangan, terpampang sepasang foto Almarhum bersama Konosuke Matsushita yang sangat dihormati Rachmat Gobel.

Foto yang selalu mengingatkan 7 filosofi bisnis keluarga: berbakti melalui industri, berlaku jujur dan adil, kerja sama dan keselarasan, ramah tamah, kesatria, berjuang untuk perbaikan, serta bersyukur.

Di tempat ini, Rachmat Gobel sering membawa anaknya, Mohammad Arif Gobel, dan keponakan untuk mengajarkan kepada mereka tentang visi dan filosofi bisnis Almarhum serta penjabarannya dalam konteks bisnis kekinian.

Semua kenangan dan barang-barang pribadi milik Almarhum di ruangan itu diperlihatkan secara langsung kepada anak dan keponakannya, untuk memberi gambaran bagaimana perjuangan Almarhum membangun bisnis sehingga mereka bisa mengenyam pendidikan dan fasilitas seperti saat ini.
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI