Tampilkan di aplikasi

Smatphone Google bisa tangkal telemarketing

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 12/XXIX/2018
19 Desember 2018

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 12/XXIX/2018

Fitur Google Duplex yang dapat menjawab telefon. / Foto : handy.de

Warta Ekonomi
Pernahkah Anda merasa risih atau terganggu saat ada nomor tak dikenal menghubungi yang ternyata mereka adalah telemarketing? Melalui fitur screen call yang diperkenalkan Google dengan teknologi duplex-nya, kini Anda tidak perlu lagi berbicara dengan telemarketing.

Fitur ini memungkinkan Google Assistant men-transcribe telepon yang masuk secara real time dan memberi Anda pilihan apakah akan menerimanya atau tidak. Jika ternyata panggilan tersebut berasal dari telemarketing, kecerdasan buatan Google ini akan menandainya sebagai spam.

Liza Ma, Google Product Manager, menyatakan bahwa ponsel terbaru mereka mampu melakukan filter terhadap nomor yang diduga sebagai telemarketing. Dengan fitur call screen, sejatinya Google mencoba meng-counter layanan number-spoofing atau tracking yang digunakan oleh para telemarketing.

Seperti diketahui dengan number-spoofing, telemarketing mampu menyusun database katalog nomor target dengan memilah konsumen yang sering mengangkat telepon dan sebaliknya.

Mereka yang terbiasa mengangkat telepon inilah kemudian dijadikan sebagai target mereka. Dengan fitur number-spoofing yang bisa menyembunyikan identitas penelfon sebagai nomor lain, akan dianggap sebagai spam oleh Google.
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI