Tampilkan di aplikasi

Gabe Newell, gamers tajir yang jago nyinyir

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 12/XXIX/2018
19 Desember 2018

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 12/XXIX/2018

Gabe Newell bersama PC yang digunakan untuk bermain game. / Foto : steampowered.com

Warta Ekonomi
Para orang tua sepertinya harus mulai membongkar ulang kerangka berpikir tentang aktivitas nge-game karena dari daftar 100 orang terkaya di Amerika Serikat pada akhir 2017 silam telah menunjukkan salah satunya. Gabe Newell, pria kelahiran Seattle, Washington ini berhasil mencuri perhatian publik karena posisinya berada di urutan 97 dari 100 orang tajir di Negeri Paman Sam.

Dengan estimasi kekayaan sekitar 5,5 miliar dolar AS per Oktober 2017, pria kelahiran 1962 itu tercatat lebih kaya dibandingkan Oprah Winfrey, Steven Spielberg, hingga Presiden AS Donald Trump. Masyarakat awam boleh asing dengan Gabe Newell, akan tetapi berbeda halnya dengan kalangan gamers dunia. Pria ini sangat terkenal dan mendapat julukan ‘Lord Gaben’, ia adalah Founder Valve Corporation.

Dari perusahaan tersebutlah banyak game terkenal, seperti Half-Life, DOTA 2, hingga Counter Strike (CS) lahir. Perusahaan Gabe merupakan pelopor bisnis penjualan game via online melalui platform Steam. Dahulu Gabe adalah mahasiswa Harvard University yang memilih drop out setelah menerima tawaran sebagai programmer dari perwakilan Microsoft Corporation dan menjadi bagian tak terpisahkan pengembangan Windows generasi awal.

Salah satu tugasnya saat itu adalah mengurus port dari game DOOM ke platform OS Windows kemudian pada 1996 ia memutuskan untuk keluar dan mendirikan Valve bersama rekannya, Mike Harrington–setelah beberapa waktu memutuskan mundur.
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI