Tampilkan di aplikasi

Implementasi smart factory, “Make the business great again”

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 03/XXIX/2019
22 Maret 2019

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 03/XXIX/2019

Penggunaan teknologi tinggi yang terkoneksi dengan komputer dan internet dalam sebuah smart factory. / Foto : xmpro.com

Warta Ekonomi
Make America Great Again! Itu tema kampanye pemilu Donald Trump saat menjadi calon presiden Amerika Serikat (AS) pada pemilu 2016 lalu. Setelah terpilih menjadi Presiden AS, ia mewujudkan janji kampanyenya itu dengan membangun kejayaan industri-industri di sana melalui pemangkasan laju produk impor. Aksi sepihak AS ini, memicu isu perang dagang global yang masih bergulir sampai saat ini.

Kalau di sektor bisnis, spirit tema salah satu peserta kampanye AS itu bisa juga dipakai. How to make your business great again. Mulailah beradaptasi dengan disrupsi di sektor industri melalui implementasi Revolusi Industri 4.0 atau digitisasi produksi industri. Yang dimaksud industri 4.0 yakni perubahan yang dicirikan pemakaian teknologi yang mengaburkan batas fisik, digital dan biologis.

Teknologi yang menjadi mesin penghela Industri 4.0 ini seperti internet of things (IoT), rtificial intelligent (AI), robotics, big data, 3-D Printing, nano teknologi, bioteknologi, material science, energy storage, dan quantum computing. Tinggal bagaimana merajut teknologi-teknologi tersebut agar mampu berinteraksi, terkoneksi dan berkolaborasi dalam satu ekosistem bagi kepentingan dunia usaha.

Pelaku bisnis saat ini boleh dibilang masih sebagian besar berada di etape Industri 3.0 yang ditandai dengan pemakaian teknologi komputer, teknologi informasi, otomisasi, dan robotisasi. Namun belum bergerak dalam satu ekosistem yang menyatu dari hulu sampai hilir dengan memanfaatkan teknologi-teknologi termutakhir yang menjadi driver Industri 4.0. Inilah yang dinamakan era Smart Factory.
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI