Tampilkan di aplikasi

Era IoT, saatnya berburu connected consumer!

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 06/XXIX/2019
25 Juni 2019

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 06/XXIX/2019

Era digital

Warta Ekonomi
Di era 24/7 saat ini, setiap perusahaan terhubung secara terus menerus (continues connected) dengan konsumen sudah menjadi keniscayaan. Itu pula alasan Walt Disney Park & Resort misalnya menggunakan MagicBand sebagai alat pembayaran konsumen mereka yang menggantikan tiket untuk memasuki hotel, memasuki jalur capat tanpa harus mengantri. Atau misalnya Nike yang menggunakan sensor yang tertanam di setiap sepatunya untuk merekam ritme, jarak hingga waktu tempuh serta kalori yang terbakar pada setiap penggunanya.

Disney dan Nike hanyalah contoh kecil dari berbagai perusahaan yang menerapkan strategi yang dikenal sebagai connected strategy. Yakni memberikan pengalaman dan harapan yang lebih baik ke konsumennya, pada saat yang bersamaan menciptakan efisiensi bagi perusahaan. Itu pula yang mendorong berbagai perusahaan saat ini, tidak hanya di sektor ritel, tapi juga kesehatan, rumah sakit, transportasi, peralatan dsb mulai menggunakan internet of things (IoT).

Principal Analyst di Futurum Research, Daniel Newman menyatakan dengan membangun analytic insights dari data yang dihasilkan oleh sensor, peralatan, mesin dan benda lain yang terhubung, perusahaan bisa mendiferensiasi dirinya. Misalnya memberikan kepuasan konsumen yang lebih besar, loyalitas terhadap merek, insight dari konsumen, bahkan berpotensi menawarkan (memprediksi) kebutuhan baru konsumen, baik barang maupun layanan.
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI