7 Cara jaga telinga sehat

Majalah Womens Obsession - Edisi Januari 2017
10 April 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi Januari 2017

Telinga / Foto : istimewa

Womens Obsession
Anggota tubuh manusia yang satu ini berperan penting sebagai indera pendengaran, Menjaga kebersihannya kerap terabaikan oleh sebagian dari kita, terutama yang memiliki aktivitas super padat. Untuk merawat telinga tetap sehat dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik, beberapa cara ini dapat kita dilakukan.

Bersihkan daun telinga. Banyak yang menganggap jika cara membersihkan telinga adalah dengan mengoreknya, padahal ini sebenarnya kurang tepat. Penggunaan cutton buds atau benda lainnya akan mendorong kotoran telinga masuk kembali, dan menumpuknya kotoran di dalam telinga. Cara yang tepat, Oleskan minyak zaitun, & kemudian lap dengan tisu atau handuk berbahan halus.

Mengunyah makanan dengan baik. Gerakan mengunyah makanan dapat membantu proses keluarnya kotoran dalam telinga. Sistem otomatis ini akan berlangsung saat kita mengunyah makanan dgn baik.

Lakukan terapi lilin. Terapi lilin dapat dilakukan dirumah secara mandiri. Bakar lilin terapi tersebut lalu letakkan didaerah rongga luar telinga.Terapi ini membantu untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalam telinga, selain itu juga menenangkan tubuh.

Jangan menggaruk telinga. Saat gatal, hindarilah untuk menggaruknya, karena dapat menyebabkan iritasi bagian tengah maupun luar. Iritasi bagian tengah akan mempengaruhi kerja gendang telinga, sedangkan iritasi bagian luar bisa berupa luka atau pembengkakan yang terjadi pada daun telinga atau bagian rongga-rongganya.

Bijak menggunakan earphone. Penggunaan earphone secara berlebihan perlu diperhatikan. Suara yang kencang saat mendengarkan atau intensitas penggunaan earphone tinggi berpotensi menyebabkan pendengaran terganggu.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI