Majalah Womens Obsession - Edisi 02/2017

Seiring berkembangnya media komunikasi, isu tentang sebuah organisasi atau perusahaan mudah sekali berembus / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Seiring berkembangnya media komunikasi, isu tentang sebuah organisasi atau perusahaan mudah sekali berembus. Lalu, bagaimana tanggapan dan aksi para Public Relations (PR)? Kini, lanskap media kian meluas. Fenomena tersebut membuka kesempatan, sekaligus tantangan bagi organisasi untuk menampilkan diri.

Media baru menawarkan potensi untuk berkomunikasi langsung dengan stakeholders. Semua organisasi atau perusahaan selalu mengharapkan adanya dukungan positif dari publik. Apa sajakah itu? Di antaranya cerita atau pengalaman positif yang beredar di masyarakat tentang aktivitas organisasi atau suatu perusahaan.

Namun kenyataannya, karakteristik publik yang dihadapi beragam, sehingga akan mempengaruhi interpretasi dan pemahaman publik tentang organisasi. Efek dari keragaman karakteristik adalah kerap muncul informasi yang simpang siur, bahkan berkembang menjadi rumor atau isu.

Apakah itu berarti buruk bagi perusahaan atau organisasi yang dimiliki? Sebenarnya, perbedaan tersebut mengindikasikan adanya kelompok yang mungkin berpikiran positif dan loyal. Kelompok tersebut biasa menjadi pendukung atau pembela perusahaan tanpa kompensasi. Mereka juga suka menghubungkan satu dengan yang lainnya dengan minat yang sama.

Selain itu, kelompok loyal merupakan pihak yang memang mudah berbagi informasi yang dimiliki. Untuk mendapatkan kelompok tersebut, PR harus melakukan pemetaan dan manajemen isu. Tujuannya agar mampu mengidentifikasi, menganalisa, dan mengelola berbagai isu yang muncul, serta mempengaruhi aktivitas organisasi.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI