Majalah Womens Obsession - Edisi 03/2017

Salah satu stakeholders yang harus dijaga pendapatnya adalah opinion leader. Sebenarnya apa dan seberapa penting opinion leader?

Womens Obsession
Opinion leader (pendapat pemimpin atau pemuka) merupakan pihak yang sangat dikenal di bidang masing-masing, misalnya PR, agama, politik, keuangan, perbankan, maupun pendidikan. Secara harfiah, opinion leader ditujukan kepada para pemimpin atau mereka yang secara formal memiliki pengaruh di masyarakat.

Dalam perspektif sosiologi komunikasi, opinion leader digambarkan sebagai tokoh yang memiliki pengaruh dan secara sosial ekonomi berbeda dengan masyarakat lain. Selain itu, opinion leader sangat tertarik kepada isu-isu yang sedang berkembang dan lebih informatif dalam menyampaikan pesan, dibandingkan masyarakat biasa.

Pendapat yang diutarakan pemimpin atau pemuka ini menjadi pihak yang paling erat berhubungan dengan media massa. Mereka jugalah yang paling awal mengadopsi ide-ide baru, mengolah komunikasi dengan baik, dan mampu membujuk orang lain untuk melakukan konsep atau pemikirannya. Tidak mengherankan bila eksistensi atau keberadaan opinion leader jadi begitu penting.

Awal mulanya, istilah opinion leader hanya terkait dengan tokoh yang berpengaruh dalam masyarakat pedesaaan. Opinion leader berperan sebagai penerus atau jembatan informasi dari media ke masyarakat. Kajian tentang opinion leader sudah lama menjadi perhatian ahli sosiologi komunikasi.

Dua peneliti komunikasi, Roger dan Shoemaker dalam buku The Public Opinion Process menunjukkan peranan opinion leader begitu besar dalam mempengaruhi masyarakat. Termasuk menjelaskan kepada masyakarat sekitar yang belum mampu mencerna makna atau arti pesan-pesan dari media massa.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI