Cash is the queen

Majalah Womens Obsession - Edisi 04/2017
12 April 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 04/2017

Seti ap orang memiliki caranya tersendiri sesuai dengan kenyamanan. Ada yang memilih rekening bank tidak memiliki banyak ATM, dan ada yang memang sengaja tidak memberikan ATM khusus rekening dana darurat. / Foto : Istimewa

Womens Obsession
Salah satu komponen terpenting untuk memiliki pondasi perencanaan keuangan yang kokoh adalah memiliki sejumlah dana cash yang cukup. Tidak perlu memiliki pengetahuan yang tinggi untuk melakukan implementasi menabung di bank atau menyiapkan cash bila sewaktu-waktu dapat dicairkan.

Tidak jarang, saya dan tim dari Janus ID bertemu dengan individu dari berbagai kalangan yang memiliki dana darurat berjumlah minim ataupun tidak memiliki sama sekali. Ada dua kemungkinan kenapa itu terjadi. Pertama, mereka adalah orang-orang yang memiliki gaya hidup konsumtif, sehingga tidak memiliki aset cash sama sekali. Jikapun mereka memiliki, jenisnya adalah aset konsumtif ataupun warisan dari orang tua.

Dan, kedua adalah orang-orang yang lebih memilih menempatkan dananya di produk pasar modal, properti, ataupun bisnis. Mereka juga beranggapan menyimpan dana di tabungan ataupun deposito tidak memberikan hasil signifikan. Peran cash sangat penting bagi kesehatan keuangan seseorang. Kita juga sudah sering mendengar nasihat tersebut.

Tetapi kenapa menyimpan cash sangat tidak mudah dilakukan? Bagi individu yang sangat konsumtif, mudah sekali tergoda untuk menggunakan cash yang ada di tabungan. Secara psikologi pun, ketika kita mengetahui masih ada dana di tabungan, maka keputusan untuk membelanjakannya lebih mudah.

“Ah tidak apa-apa pakai sedikit, dana di tabungan masih banyak” atau “Ah tidak apa pakai dulu uangnya, nanti akan diganti lagi.” Realitanya, jika terus menggunakan dana di tabungan, jumlah uang yang dimiliki akan terus berkurang dan belum tentu Anda berkomitmen menggantinya dengan berbagai alasan seperti masih banyak pengeluaran dan lain sebagainya.

Majalah Womens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI