Tampilkan di aplikasi

Winda Ariyani Susilo, memberdayakan wanita melalu bisnis

Majalah Womens Obsession - Edisi 05/2018
21 Mei 2018

Majalah Womens Obsession - Edisi 05/2018

“Ternyata, di Indonesia banyak tersedia mesin dan SDM, namun tidak ada buyer dan network. Sementara, saya mengawalinya dari luar negeri, produk bisa dibawa ke sini, dan jadilah sebuah bisnis.” / Foto : Sutanto

Womens Obsession
Menjalani hidup di negeri orang, bukanlah suatu hal yang mudah bagi Winda Ariyani Susilo. Dia harus menjadi wanita mandiri dan tangguh yang bisa mengerjakan segala sesuatunya seorang diri. Dia pun harus pintar membagi waktu antara karier dan keluarga.

Itulah sebabnya, sejak berkeluarga dan memiliki buah hati, Winda meninggalkan kariernya dan memilih mengurus keluarga sembari fokus membesarkan bisnis yang dibangunnya. “Keputusan ini diambil, karena saya lebih leluasa dalam mengatur waktu dan jadwal yang disesuaikan dengan keluarga,” ujar Winda ketika ditemui Women’s Obsession di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dia mendirikan perusahaan Kiddos Industries B.V. sejak 10 tahun lalu di kota tempatnya tinggal, Amsterdam. Kala itu, perempuan yang menikah dengan seorang pria berkebangsaan Belanda ini harus mengikuti sang suami tinggal di negeri orang. Tentu, dia dituntut menjadi wanita mandiri, termasuk mengurus keluarga, terutama putra-putrinya.

Satu waktu, dalam perjalanannya kembali ke Tanah Air, Winda terpikir untuk memberdayakan para wanita di seluruh Indonesia membuat sesuatu yang bermanfaat. Bekerja sama dengan para pengrajin dan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia, dia memberikan pelatihan, contoh, dan pendampingan membuat kerajinan tangan. Antara lain boneka rajut yang kemudian dipasarkan di Amsterdam.

“Waktu itu saya mau memulai bisnis, tetapi belum mempunyai modal. Jadi, saya berpikir dan berusaha menggali ide. Ternyata, di Indonesia banyak tersedia mesin dan SDM, namun tidak ada buyer dan network. Sementara, saya mengawalinya dari luar negeri, produk bisa dibawa ke sini, dan jadilah sebuah bisnis,” Winda menceritakan awal mula perjalanan bisnisnya dengan penuh semangat.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI