Tampilkan di aplikasi

Bahan yang dihilangkan dalam clean beauty

Majalah Womens Obsession - Edisi 74
20 April 2021

Majalah Womens Obsession - Edisi 74

Beauty

Womens Obsession
Belakangan ini banyak para ahli perawatan kulit yang membicarakan tentang konsep clean beauty. Sebenarnya tidak ada definisi khusus akan konsep ini. Namun, bisa diartikan secara garis besar sebagai sebuah gerakan yang hanya menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan bahan-bahan alami dan sama sekali tidak ada bahan kimia. Berfokus pada produk yang dibuat dan diformulasikan dengan hati-hati hanya dengan bahan aman dan tidak beracun (alami dan sintetis). Tidak hanya aman bagi kulit, tetapi juga ramah terhadap kelestarian lingkungan. Selain itu, produk yang mengusung konsep clean beauty biasanya tidak melakukan tes produk pada binatang (animal tested).

Produk-produk kecantikan yang mengusung konsep clean beauty akan mengupayakan kandungan produknya menggunakan bahan-bahan natural yang aman untuk kulit dan lingkungan. Berikut ini beberapa bahan yang dihindari produk-produk kecantikan yang menggunakan konsep clean beauty, antara lain:

1. Paraben Ini adalah bahan pengawet dan antimikroba yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, serta membuat produk kecantikan mampu bertahan lebih lama. Sebuah studi mengonfirmasi bahwa paraben memiliki sifat meniru hormon estrogen dalam tubuh manusia yang dapat meningkatkan risiko penyakit serius. The European Commission bahkan telah melarang beberapa jenis paraben untuk digunakan dalam produk perawatan kulit seperti isopropylparaben, isobutylparaben, fenylparaben, benzylparaben, dan pentylparaben.

2. Fragrance dan Phthalates Parfum merupakan bahan kimia sintetis untuk membuat produk kecantikan menghasilkan aroma tertentu. Sementara phthalates adalah senyawa yang bisa menjaga agar aroma parfum bertahan lebih lama. Kedua kandungan kimia ini terbukti berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan reproduksi dan hormon.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI