Tampilkan di aplikasi

Hilangkan stres jalani hobi baru

Majalah Womens Obsession - Edisi 75
29 April 2021

Majalah Womens Obsession - Edisi 75

Merajut

Womens Obsession
Menghadapi pandemi yang belum juga berakhir selama satu tahun terakhir, berbagai kegiatan tentu telah dilakukan untuk menghilangkan penat akibat tidak bisa bepergian. Sayangnya, ruang gerak yang terbatas membuat banyak hal jadi lebih sulit dilakukan. Tak ayal, stres pun datang. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat melakukan beberapa kegiatan baru. Jadikan itu sebagai hobi yang mampu menjadi stress relief.

Merajut sering kali dikaitkan dengan kegiatan yang dilakukan para orang tua untuk mengisi waktu luang. Tidak sedikit pula yang menganggapnya sebagai kegiatan yang membosankan. Namun, kegiatan yang satu ini ternyata tidak hanya bisa mengisi waktu senggang, tapi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan Harvard Medical School, proses merajut ternyata dapat memicu respons relaksasi dan menstabilkan irama detak jantung. Adanya imajinasi dan kreativitas ketika membuat sebuah pola tertentu membantu tubuh untuk relaksasi dan menurunkan kadar kortisol dalam tubuh.

Kegiatan dengan ritme repetitif ketika membuat bentuk yang sama berulang-ulang kali membantu tubuh mendapatkan ketenangan serupa, seperti saat meditasi. Saat merajut, senyawa yang disebut serotonin juga akan dilepaskan sehingga mampu meningkatkan suasana hati. Ketenangan dan relaksasi yang didapat ketika melakukan kegiatan ini akan menjauhkan rasa cemas dan melepaskan depresi yang dialami.

Tidak hanya memberi manfaat besar pada ketenangan jiwa, nyatanya merajut juga membantu menjaga kesehatan sendi. Merajut bahkan dikatakan lebih ampuh dibanding kegiatan mengetik yang tidak terlalu memberi tekanan pada jari. Meski begitu kegiatan ini juga tidak terlalu berat dan memiliki risiko cedera minimal.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI