Tampilkan di aplikasi

Kawasan seribu rumah gadang

Majalah Womens Obsession - Edisi 77
2 Juli 2021

Majalah Womens Obsession - Edisi 77

Rumah gadang

Womens Obsession
Sumatra Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki budaya menarik untuk dipelajari. Di antara sekian banyak bagian budaya di sana, keunikan rumah gadang menjadi salah satu yang menjadi ikon. Wisatawan bisa melihat rumah adat tersebut di Kawasan Seribu Rumah Gadang. Kawasan ini dinobatkan sebagai Kampung Adat Terpopuler di Indonesia pada tahun 2017 lalu oleh Anugerah Pesona Indonesia (API).

Kampung adat yang berjarak kurang lebih 150 km dari Kota Padang ini memiliki nama lengkap Kawasan Seribu Rumah Gadang Alam Surambi Sungai Pagu. Salah satu yang paling menonjol dari rumah adat ini adalah bagian atapnya yang meruncing menyerupai tanduk kerbau. Sementara, detail ukiran pada dinding dan pintu rumah-rumah di sana tampak begitu memukau. Mulai dari pola akar yang biasanya berbentuk lingkaran, akar berjajar, hingga dedaunan dengan warna-warna khas, seperti hitam, merah, dan kuning emas.

Umumnya, dinding rumah terbuat dari papan, sementara pada bagian belakangnya terbuat dari bambu. Di kawasan ini, pengunjung dapat melihat setidaknya 174 rumah gadang berbagai bentuk dan ukuran. Di kawasan dengan luas lebih dari 26 hektare ini, nuansa perkampungan adat Minangkabau tempo dulu begitu terasa. Selain bisa menemukan deretan rumah gadang, wisatawan juga dapat menjumpai beberapa suku Minangkabau yang menetap di sana.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI