Tampilkan di aplikasi

Fitonutrien si pahlawan kanker

Majalah Womens Obsession - Edisi 82
4 November 2021

Majalah Womens Obsession - Edisi 82

Fitonutrien

Womens Obsession
Setiap orang dianjurkan agar mengonsumsi buah dan sayur 400 gram per hari yang setara dengan dua hingga empat porsi buah dan tiga sampai lima porsi sayur. Sementara rata-rata konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia masih berkisar 2,5 porsi per hari. Bila dibandingkan dengan negara lainnya di kawasan Asia Tenggara, angka ini masih sangat rendah. Penelitian yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) mengungkap konsumsi sayuran dan buah penduduk Indonesia hanya 91 gram per hari, ini berarti seperlima dari konsumsi masyarakat Singapura yang sebesar 518 gram per hari.

Kita telah memahami manfaat yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan seperti vitamin, mineral, dan serat. Selain nutrisi tersebut, terdapat satu lagi kandungan zat yang bermanfaat meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit, yakni fitonutrien atau fitokimia. 'Phyto' berasal dari bahasa Yunani yang berarti tanaman. Fitonutrien disebut sebagai health booster, bahan kimia yang membantu melindungi tanaman dari kuman, jamur, dan ancaman lainnya. Tetapi tidak hanya bermanfaat untuk tanaman, nutrisi nabati fitonutrien juga memberikan manfaat bagi tubuh manusia.

Anti kanker Fitonutrien adalah senyawa aktif yang memberikan warna, aroma, dan rasa pada sayur dan buah. Zat ini masuk dalam kategori sendiri, karena tidak termasuk ke dalam kelompok protein, vitamin, atau mineral. Dalam sebuah studi Journal of American Medical Association, mengonsumsi tiga porsi buah-buahan dan sayuran menurunkan risiko penyakit stroke sebanyak 22%. Secara keseluruhan, fitonutrien membantu memperlambat proses penuaan, melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kondisi kesehatan kronis lainnya. Selain itu, zat bekerja meningkatkan ketahanan tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI