Tampilkan di aplikasi

Tari persahabatan khas Sulawesi

Majalah Womens Obsession - Edisi 82
4 November 2021

Majalah Womens Obsession - Edisi 82

tari tradisional Malulo atau Lulo yang berasal dari Sulawesi Tenggara.

Womens Obsession
Dihuni oleh puluhan suku bangsa yang tersebar di seluruh penjuru negeri, tari- tarian tradisional di Indonesia terbilang sangat kaya. Salah satunya adalah tari tradisional Malulo atau Lulo yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Dipadu dengan musik yang ceria, tarian ini dikenal sebagai tari persahabatan. Tari Malulo juga digambarkan sebagai simbol bahwa masyarakat Tolaki sangat mencintai perdamaian, persahabatan, dan kerukunan. Gerakan dan filosofi tersebut mengacu pada pepatah samaturu, medulu ronga mepokoaso yang artinya gotong-royong, bersatu, dan saling membantu satu sama lain.

Mulanya, tarian ini hanya ditampilkan di upacara pernikahan, pesta panen, hingga acara pelantikan raja. Namun, seiring berkembangnya zaman, tari tradisional yang satu ini turut ditampilkan di momen-momen lain, termasuk ajang promosi pariwisata. Tari Malulo sendiri bisa dibawakan oleh siapa saja baik perempuan maupun laki-laki. Berbeda dengan tari-tari lain yang hanya ditampilkan orang dewasa, tidak jarang tarian ini juga turut dimainkan oleh anak-anak hingga remaja. Para penari akan mengikuti irama gong sambil membentuk sebuah lingkaran sambil bergandengan tangan.

Terdapat tiga gerakan inti yang dimainkan, pertama adalah moese, yakni gerakan tangan ke atas dan bawah. Lalu molakoako, berupa gerakan ke kanan dan kiri, serta nilulo-lulo (gerakan kaki menginjakinjak). Ketika bergandengan tangan, posisi telapak tangan penari laki-laki harus berada di bawah dan menopang tangan penari perempuan. Ini merupakan simbol peran maupun kedudukan dalam kehidupan sehari-hari. Sementara, alat yang digunakan sebagai musik pengiring adalah alat musik pukul seperti gendang dan gong yang terdiri dari dua macam ukuran dengan jenis suara berbeda.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI