Tampilkan di aplikasi

Nasi dingin lebih baik bagi penderita diabetes, mitos atau fakta?

Majalah Womens Obsession - Edisi 109
5 Februari 2024

Majalah Womens Obsession - Edisi 109

Nasi

Womens Obsession
Nasi sudah menjadi makanan pokok bagi hampir seluruh rakyat Indonesia. Namun nasi diketahui memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, sehingga kurang baik bila dikonsumsi oleh orang dengan diabetes (diabetisi) dalam jumlah yang banyak. Polisakarida dalam nasi akan dipecah menjadi monosakarida atau gula. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi nasi berlebih dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun demikian, bukan berarti diabetisi tidak bisa mengonsumsi nasi sama sekali.

Seiring berkembangnya teknologi, banyak peralatan rumah tangga yang mengikuti zaman dan berlomba dengan kecanggihan, seperti halnya dengan rice cooker yang diciptakan khusus bagi diabetisi. Rice cooker tersebut dikatakan dapat menurunkan kadar gula dari nasi, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh diabetisi.

Ada kabar yang beredar jika nasi yang dikonsumsi dalam keadaan dingin juga memiliki kadar gula lebih rendah, dibandingkan dengan nasi yang dikonsumsi saat masih panas. Apakah hal ini benar?

Berapa jumlah kalori dan nutrisi pada nasi?
Nasi sebagian besar terdiri dari karbohidrat, yang jumlahnya hampir 80% dari total berat keringnya. Sebagian besar karbohidrat dalam beras adalah zat pati yang merupakan bentuk karbohidrat kompleks yang paling umum dalam makanan. Selain itu, nasi juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, protein, lemak, namun dalam jumlah terbatas.

Standarnya, 1 porsi penyajian nasi putih bisa mengandung setidaknya 100 gram nasi. Ini membuat setiap penyajian nasi akan mengandung hingga 130 kalori yang dapat dibilang cukup tinggi untuk diabetisi. Oleh karena itu, diabetisi disarankan untuk membatasi konsumsi nasi putih, karena dapat menaikkan kadar gula darah.

Apakah benar nasi dingin lebih baik dari nasi panas?
Nasi yang disajikan saat panas mengandung kadar karbohidrat tinggi, karena gula yang terkandung di dalamnya mudah untuk terurai dan diserap sistem pencernaan, sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah setelah makan.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI