Tampilkan di aplikasi

Tampil sederhana nan elegan dengan busana hitam

Majalah Womens Obsession - Edisi 110
5 Maret 2024

Majalah Womens Obsession - Edisi 110

Busana dengan warna hitam

Womens Obsession
Setiap orang tentu memiliki warna favorit, terlebih dalam memilih busana. Ada beberapa orang yang menyukai rona-rona cerah, seperti kuning, merah muda, dan biru. Ada pula yang menjadikan cokelat, krem, dan turunannya yang tampak lebih tenang sebagai warna baju kesukaan. Sementara, tidak sedikit pula perempuan yang memilih warna-warna gelap menjadi favorit. Di antara sekian banyak warna, busana berwarna hitam adalah salah satu yang tidak lekang oleh waktu. Meski sering kali dikaitkan dengan nuansa berduka, namun sejak berabad-abad lalu, baju dengan rona gelap ini selalu berhasil ditampilkan di berbagai situasi. Bahkan, dress hitam digadang-gadang menjadi baju yang wajib dimiliki.

Seperti dikatakan sebelumnya, busana dengan warna hitam seringkali diidentikkan dengan suasana dukacita. Dalam buku ‘Dress in the Middle Ages’, Francoise Piponnker dan Perrine Mane meyakini bahwa tradisi ini berawal dari Spanyol. Berlangsung sejak abad pertengahan, tradisi mengenakan baju hitam saat berkabung kemudian meluas hingga dilakukan oleh para bangsawan Inggris dan Prancis. Tradisi ini pun semakin kuat setelah Philip the Good atau yang juga dikenal sebagai Duke Normandy selalu memakai busana serba hitam setelah ayahnya terbunuh pada tahun 1419.

Pada sekitar abad ke-17, fashion item berwarna hitam hanya digunakan oleh para bangsawan. Mulai dari gaun, topi, sepatu, sarung tangan, dan lain-lain. Hingga pada tahun 1926, desainer ternama Coco Chanel mempopulerkan gaun hitam yang diperkenalkan sebagai ‘little black dress’. Dia juga menciptakan berbagai desain gaun hitam lain yang menonjolkan kesan kesederhanaan yang elegan. Kala itu, gebrakan yang dilakukan Chanel membuat desain-desain gaunnya makin dikenal. Bahkan, kreativitasnya yang sukses mengubah kesan gaun hitam yang sebelumnya dicap sebagai busana berkabung ini dianggap setara dengan kehebatan inovasi mobil Ford yang populer pada masa itu.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI