Tampilkan di aplikasi

Mental accounting benefits

Majalah Womens Obsession - Edisi 110
5 Maret 2024

Majalah Womens Obsession - Edisi 110

Kecenderungan membuat label mental untuk uang berdasarkan asal-usulnya atau tujuan ini dikenal sebagai mental accounting atau akuntansi mental.

Womens Obsession
Pikirkan berapa harga yang akan kita bayarkan untuk makan malam saat liburan di Roma dibandingkan dengan makan di rumah. Mungkin, pemandangan Colosseum yang indah, pelayan ramah, dan pasta Italia yang lezat dan bonafid akan membujuk kita untuk menghabiskan banyak uang di sana tanpa penyesalan. Pada saat yang sama, kita akan meninggalkan restoran lokal dengan perasaan kesal, jika harus membayar dengan jumlah yang sama di sana! Kita mungkin berpikir, di mana atau apa yang kita bayar seharusnya tidak menjadi masalah bagi pengeluaran kita.

Tapi, ternyata tidak! Kecenderungan membuat label mental untuk uang berdasarkan asal-usulnya atau tujuan ini dikenal sebagai mental accounting atau akuntansi mental. Uang itu sendiri dapat dipertukarkan, namun dengan membaginya secara mental ke dalam label-label, kita tidak melihatnya seperti itu. Meskipun keputusan-keputusan ini terlihat rasional, nyatanya seringkali diatur oleh emosi, dan dapat menyesatkan atau bahkan merusak kondisi keuangan.

Bias ini pertama kali diperkenalkan pemenang nobel ekonomi 2017, yaitu Profesor Richard Thaler dari University of Chicago. Budi Frensidy, Dosen Departemen Akuntansi FEB UI, mengungkapkan, “Bias akuntansi mental adalah kecenderungan seseorang untuk membuat atau menilai keputusan ekonomi dengan mengelompokkan aset atau sumber uang dalam beberapa akun yang terpisah (non-fungible).” Memahami konsep akuntansi mental dapat membantu mengubah cara kita berpikir tentang uang dan membuat keputusan keuangan yang lebih bijak. Berikut beberapa trik untuk menghindari efek negatif mental accounting.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI