Tampilkan di aplikasi

Lika-liku pemilihan umum di dunia

Majalah Womens Obsession - Edisi 110
5 Maret 2024

Majalah Womens Obsession - Edisi 110

Pemilihan umum (Pemilu)

Womens Obsession
Pemilihan umum (Pemilu) menjadi salah satu panggung demokrasi lima tahunan yang telah berlangsung lama. Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara juga menggelarnya, seperti Kenya, Amerika Serikat, dan Bolivia. Di Indonesia, pemilihan umum legislatif yang berlangsung pada 1955 merupakan pemilu pertama yang berlangsung di Tanah Air. Berikut beberapa fakta menarik tentang pemilu versi Women’s Obsession.

1. Menurut sejarah, pemilihan umum pertama kali dilaksanakan pada abad ke-5 Sebelum Masehi.
2. Kala itu, masyarakat Yunani Kuno melaksanakan pemilu dengan sistem Demokrasi Athena untuk memilih staf militer, pejabat keuangan, pejabat publik, kehakiman, hingga anggota dewan.
3. Pemilu pertama di Indonesia berlangsung pada tahun 1955 yang dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama, dilaksanakan pada tanggal 29 September untuk memilih anggota DPR dan tahap kedua 15 Desember (anggota Konstituante).
4. Sementara, pemilu serentak pertama di Indonesia berlangsung pada tahun 2019.
5. Berlangsung pada 17 April 2019, kala itu masyarakat memilih calon presiden dan wakil presiden, serta calon anggota legislatif tingkat DPRD kota/kabupaten, DPRD Provinsi, dan DPR RI.
6. Menjadi momentum pertama pemilu serentak di Indonesia, ada 11.239 orang petugas KPPS yang sakit dan korban meninggal dunia sebanyak 527 jiwa.
7. Menurut Kemenkes, ada 13 jenis penyakit penyebab meninggalnya petugas KPPS di 15 provinsi. Di antara infarct myocard, gagal jantung, koma hepatikum, stroke, respiratory failure, hipertensi emergency, asma, gagal ginjal, TBC, dan kegagalan multiorgan.
8. Pemilu serentak pertama di Tanah Air tersebut juga membuat Indonesia masuk jajaran negara penyelenggara pemilu dengan biaya terbesar, yakni mencapai Rp25 triliun.
9. Tidak hanya Indonesia, negara lain yang juga menyelenggarakan pemilihan umum adalah Kenya, Australia, Amerika Serikat, Mesir, Rusia, dan Bolivia.
10. Menariknya, Australia selalu melaksanakan pemilu setiap Hari Sabtu.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI