Tampilkan di aplikasi

Buku Adab hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Mengupas Makna Dalam Komunikasi Verbal

1 Pembaca
Rp 65.000 15%
Rp 55.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 165.000 13%
Rp 47.667 /orang
Rp 143.000

5 Pembaca
Rp 275.000 20%
Rp 44.000 /orang
Rp 220.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini kami susun semata hanya untuk memberikan wawasan tambahan kepada para pembaca tentang makna yang terkandung dalam memaknai setiap ujaran verbal dalam setiap komunikasi. Penyusun menyadari jika masih terdapat kekurangan ataupun suatu kesalahan dalam penyusunan buku ini sehingga kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat positif untuk pebraikan di masa yang akan datang sari seluruh pembaca.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: I Gusti Ayu Vina Widiadnya Putri, S.S., M.Hum / Dr. Anak Agung Ayu Dian Andriyani, S.S., M.Hum.

Penerbit: Adab
ISBN: 9786236872741
Terbit: Februari 2021 , 150 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Buku ini kami susun semata hanya untuk memberikan wawasan tambahan kepada para pembaca tentang makna yang terkandung dalam memaknai setiap ujaran verbal dalam setiap komunikasi. Penyusun menyadari jika masih terdapat kekurangan ataupun suatu kesalahan dalam penyusunan buku ini sehingga kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat positif untuk pebraikan di masa yang akan datang sari seluruh pembaca.

Pendahuluan / Prolog

Latar Belakang
Linguistik sebagai ilmu kajian bahasa memiliki berbagai cabang. Di antaranya cabang-cabang itu ialah Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Pragmatik. Fonologi, Morfologi, Sintaksi, dan Semantik mempelajari struktur bahasa secara internal, yaitu berhubungan dengan unsur bagian dalam bahasa.

Semantik dan Pragmatik memiliki kesamaan, yaitu cabang-cabang ilmu bahasa yang menelaah makna-makna satuan bahasa. Namun, di antara kedua cabang ilmu bahasa itu memiliki perbedaan, yaitu semantik mempelajari makna satuan bahasa secara internal sedangkan pragmatik mempelajari makna satuan bahasa secara eksternal.

Contoh penggunaan kata menyukai, mencintai, dan menyayangi
1) Karena menyukai buku itu, Udin lalu membelinya.
2) Mereka mencintai satu sama lain, semoga mereka cepat menikah
3) Keluarganya saling menyayangi

Kalimat tersebut memiliki makna yang serupa yaitu memberikan perasaan yang lebih kepada seseorang, namun dapat diungkapkan dengan banyak kata sesuai dengan konteks kalimat yang mengikutinya. Kata menyukai dalam kalimat (1) secara internal bermakna ‘senang’ atau ‘menyenangi’ kalimat sering diikuti dengan kata benda. Kalimat (2) kata mencintai secara internal bermakna ‘menyayangi dengan sungguh sungguh’ diikuti dengan seseorang atau pasangan yang memiliki hubungan khusus. Kalimat (3) kata menyayangi secara internal bermakna ‘mengasihi’ sering diikuti dengan kata ganti orang yang memiliki hubungan khusus.

Kata ‘menyukai’ jika bermakna sebaliknya, yaitu ‘tidak menyukai. Kata menyukai buku atau suka belajar’ atau ‘sungguh-sungguh bekerja sebaliknya, yaitu ‘malas’. Demikian juga pada kata ‘mencintai’ bermakna ‘membenci’. Dan kata ‘menyayangi’ bermakna sebaliknya yaitu membenci


Penulis

I Gusti Ayu Vina Widiadnya Putri, S.S., M.Hum - Penulis menyelesaikan Pendidikan S1 di Universitas Warmadewa dengan mengambil kajian Sastra Inggris khususnya di bidang Sosiolinguistik dan menyelesaikan Pendidikan S2 di Universitas Udayana dengan mengambil konsentrasi Linguistik. Saat ini penulis adalah salah satu dosen di Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Penulis memulai karier di dunia Pendidikan sejak tahun 2009 sampai sekarang, sehingga sebagai pengajar penulis harus tetap terus belajar tiada henti. Terus belajar tiada henti akhirnya menjadi moto penulis untuk terus tetap berkarya. Karya-karya penulis yang dihasilkan kemudian dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah baik Nasional dan Internasional.

Beberapa penelitian telah dibiayai oleh Lembaga maupun Kemenristek Dikti dengan mengikuti hibah penelitian baik internal maupun hibah nasional. Bidang ketertarikan penulis adalah kajian ilmu Applied Linguistik dan English for Tourism. Sampai saat ini penulis telah menghasilkan berbagai jenis buku kajian Linguistik dan Tourism yang digunakan sebagai referensi oleh mahasiswa dan para peneliti.
Dr. Anak Agung Ayu Dian Andriyani, S.S., M.Hum. - adalah salah satu dosen di Fakultas Bahasa Asing Program Studi Sastra Jepang Universitas Mahasaraswati Denpasar. Salah satu Motto penulis yang selalu dijadikan pedoman dalam berkarya adalah banyak belajar dan belajar banyak. Motto ini menjadikan penulis untuk terus berkarya sehingga menghasilkan berbagai jenis Publikasi yang telah dihasilkan dalam jurnal Nasional dan Internasional terindeks.

Selain itu sebagai pemakalah dalam seminar Nasional maupun Internasional, menjadi dosen tamu dalam kuliah umum yang mengkaji tentang pola interakasi dalam menerapkan Hospitalty Jepang khususnya dalam domain pariwisata. Pengalaman yang diperoleh saat menjadi Guest Relation Officer Berbahasa Jepang di salah satu Biro Perjalanan Terkemuka di Bali selama 10 tahun, sejak tahun 2005 sampai dengan 2015 memberikan banyak pengalaman dan inspirasi baru untuk menyusun karya dalam kajian linguistik domain pariwisata.

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1: Latar Belakang
Bab 2: Pragmatik
Bab 3: Ruang Lingkup Pragmatik
Bab 4: Pengertian Tindak Tutur
Bab 5: Tindak Tutur Versi Austin
Bab 6: Tindak Tutur Versi Searle
Bab 7: Konteks Dalam Pragmatik
Bab 8: Kesantunan Berbahasa
Bab 9: Prinsip Kerjasama ‘Grice’
Bab 10: Implikatur
Bab 11: Inferensi
Bab 12: Praanggapan
Bab 13: Teori Makna Dari “Leech”
Bab 14: Deiksis
Daftar Pustaka
Tentang Penulis