Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengantar Ilmu Komunikasi

1 Pembaca
Rp 121.000 46%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Sistematika buku "Pengantar Ilmu Komunikasi" ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: Mengenal Komunikasi; Sejarah Komunikasi Manusia Dan Sejarah Perkembangan Ilmu Komunikasi; Tujuan Dan Akibat Komunikasi; Prinsip Dasar Dan Tingkatan Proses Komunikasi; Pengertian Dan Model Dasar Komunikasi; Fungsi Dan Pengaruh Model Komunikasi; Batasan, Fungsi Dan Jenis Komunikasi Nonverbal; Definisi, Tujuan Dan Efektivitas Komunikasi Pribadi; Pengertian, Karakteristik Dan Fungsi Komunikasi Massa; Proses Dan Dampak Komunikasi Massa; Peran Kebudayaan Dalam Kehidupan Manusia, Serta Pengaruh Kebudayaan Terhadap Komunikasi; Komunikasi Antar Budaya Serta Pemakaiannya; Karateristik Saluran Komunikasi Dan Khalayak Dalam Komunikasi Yang Efektif; serta Karakteristik, Bentuk Dan Teknik Penyajian Pesan Dalam Komunikasi Yang Efektif.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Agus Hendrayady / Dwi Pela Agustina / Kuswarini Sulandjari / Wa Ode Sifatu / Voettie Wisataone / Mayasari / Irawan Wibisono / Marno Wance / Wesley Liano Hutasoit / Farida M. Arif / Sri Ayu Rayhaniah / Suci Lestari Handayani / Heny Triyaningsih / Ria Wuri Andary
Editor: Sunarno SastroAtmodjo

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233620994
Terbit: September 2021 , 264 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Sistematika buku "Pengantar Ilmu Komunikasi" ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: Mengenal Komunikasi; Sejarah Komunikasi Manusia Dan Sejarah Perkembangan Ilmu Komunikasi; Tujuan Dan Akibat Komunikasi; Prinsip Dasar Dan Tingkatan Proses Komunikasi; Pengertian Dan Model Dasar Komunikasi; Fungsi Dan Pengaruh Model Komunikasi; Batasan, Fungsi Dan Jenis Komunikasi Nonverbal; Definisi, Tujuan Dan Efektivitas Komunikasi Pribadi; Pengertian, Karakteristik Dan Fungsi Komunikasi Massa; Proses Dan Dampak Komunikasi Massa; Peran Kebudayaan Dalam Kehidupan Manusia, Serta Pengaruh Kebudayaan Terhadap Komunikasi; Komunikasi Antar Budaya Serta Pemakaiannya; Karateristik Saluran Komunikasi Dan Khalayak Dalam Komunikasi Yang Efektif; serta Karakteristik, Bentuk Dan Teknik Penyajian Pesan Dalam Komunikasi Yang Efektif.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca.

Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Komunikasi.

Sistematika buku “Pengantar Ilmu Komunikasi” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: Mengenal Komunikasi; Sejarah Komunikasi Manusia Dan Sejarah Perkembangan Ilmu Komunikasi; Tujuan Dan Akibat Komunikasi; Prinsip Dasar Dan Tingkatan Proses Komunikasi; Pengertian Dan Model Dasar Komunikasi; Fungsi Dan Pengaruh Model Komunikasi; Batasan, Fungsi Dan Jenis Komunikasi Nonverbal; Definisi, Tujuan Dan Efektivitas Komunikasi Pribadi; Pengertian, Karakteristik Dan Fungsi Komunikasi Massa; Proses Dan Dampak Komunikasi Massa; Peran Kebudayaan Dalam Kehidupan Manusia, Serta Pengaruh Kebudayaan Terhadap Komunikasi; Komunikasi Antar Budaya Serta Pemakaiannya; Karateristik Saluran Komunikasi Dan Khalayak Dalam Komunikasi Yang Efektif; serta Karakteristik, Bentuk Dan Teknik Penyajian Pesan Dalam Komunikasi Yang Efektif.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Olehii sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Agus Hendrayady - Editor merupakan dosen pada Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjunpinang. Mengajar Mata kuliah yang berkaitan dengan Administrasi Publik. Menyelesaikan Sarjana S-1 Administrasi Negara di Universitas Tanjungpura Pontianak dan melanjutkan S-2 Magister Ilmu Administrasi Negara dengan Bidang Kajian Utama Administrasi Pembangunan.

Editor telah berhasil menulis di beberapa jurnal. Dan telah membuat beberapa buku seperti Etika Administrasi, Komunikasi Administrasi, Bookchapter Pengantar Ilmu Komunikasi, Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen, Pengantar Ilmu Administrasi Publik, serta Pendidikan Budaya Anti Korupsi, serta menjadi editor buku Reformasi Administrasi, buku Desain Kebijakan Kawasan Ekonomi Khusus dan Pengantar Ilmu Administrasi Publik serta buku Pelayanan Publik di Era Tatanan Normal Baru.
Dwi Pela Agustina - Penulis merupakan dosen di Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta. Minat dan bakat akan dunia kewartawanan sejak SMA mengantar penulis untuk melanjutkan ke jenjang strata satu di Universitas Riau pada jurusan Ilmu Komunikasi dan lulus pada tahun 2012. Sempat merasakan menjadi wartawan kampus dan menjadi wartawan di sebuah portal online lokal, penulis kemudian memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang strata dua. Penulis memilih Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada dengan konsentrasi Ilmu Komunikasi dan Media yang lulus tahun 2016. Selanjutnya pada tahun 2017, penulis pada akhirnya memutuskan menjadi dosen dan mengabdi di Universitas Amikom Yogyakarta.

Penulis memiliki kepakaran di bidang Jurnalistik, Media, Penyiaran dan Public Speaking dan Komunikasi Organisasi. Beberapa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan dipublikasikan di jurnal dan prosiding dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara tercinta.


Kuswarini Sulandjari - Staf Pengajar pada Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang, sejak tahun 2001. Sebelumnya dosen Kopertis Dipekerjakan di Universitas Merdeka Madiun, kemudian pindah ke Universitas Widya Gama Malang. Pendidikan Strata Satu pada Departemen Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Stara Dua pada Pragram Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang. Tingkat Doktoral pada Program Pasca Sarjana Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Bandung. Mata kuliah yang diampu antara lain :Komunikasi Inovasi, Penyuluhan dan Komunikasi, Sosiologi Pertanian, Usahatani, Pemberdayaan Masyarakat, Studi Kependudukan dan Motode Penelitian. Penelitian yang telah dilakukaan secara mandiri dan kolaborasi diantaranya tentang :Penyuluhan Pertanian Perusahaan Swasta; Keunggulan Komparatif Usahatani Padi dan Tebu di Lahan Sawah ; Usahatani dan Pemasaran Jamur Merang ; KelompokTani ; Persepsi Masyarakat tentang Pelestarian Hutan Mangrove ; Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengolahan Buah Mangrove. Menulis beberapa artikel telah diterbitkan di Jurnal Ilmiah Nasional terakreditasi dan Jurnal Internasional. Secara kolaboratif ikut menulis buku tentang : Metode Pemberdayaan Masyarakat, Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat, Research Methodology,Usahatani Paprika, Perencanaan Penyuluhan, Ekonomi Lingkungan serta buku tentang Limbah.


Wa Ode Sifatu - Mulai tertarik dengan kependidikan sejak menamatkan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama sehingga melanjutkan ke sekolah keguruan, yaitu: Sekolah Pendidikan Guru tahun 1977 dan Strata satu (S1) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (KFIP) Unhalu, tamat tahun 1986. Kemudian mendalami Antropologi pada Strata dua (S2) dan Strata tiga (S3) di Pascasarjana Antropologi Universitas Indonesia, tamat pada 1996 dan 2014. Penulis memiliki kepakaran di bidang Antropologi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Tahun 2002 – 2006 menjadi Ketua Jurusan Antropolog FISIP Unhalu. Kecintaannya terhadap ilmu antropologi, dapat mendirikan Perpustakaan Jurusan Antropologi FISIP Unhalu, sekaligus mengumpulkan sejumlah benda-benda etnografi yang ada di Indonesia sehingga menjadi cikalbakal pendirian Museum Wallacea di UHO, tahun 2011.


Voettie Wisataone - Penulis merupakan akademisi dengan latar belakang pendidikan bidang Ilmu Komunikasi. Penulis memiliki ketertarikan untuk mendalami riset di bidang Komunikasi Bisnis dan Pemasaran, terutama di organisasi filantropi nirlaba. Penulis telah menuntaskan Pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Bengkulu (UNIB) peminatan Hubungan Masyarakat pada tahun 2013 dan S2 Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM) peminatan Manajemen Strategis di tahun 2017.Saat ini penulis tercatat aktif menjadi akademisi di Jurusan Pendidikan Administrasi pada prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, D3 dan D4 Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penulis mengampu mata kuliah yang berhubungan dengan komunikasi dan perkantoran, seperti; Pengantar Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Manajemen Hubungan Masyarakat, Media Relations, Organisasi, Desain Media Digital, Komunikasi Bisnis, dsb.Selain aktif melaksanakan tri dharma perguruan tinggi (mengajar, meneliti, dan pengabdian pada masyarakat) di UNY, sejak 2017, ibu satu anak ini juga aktif menjadi tuton online Jurusan Ilmu Komunikasi di FSHIP Universitas Terbuka (UT). Sebelumnya, penulis juga pernah berkolaborasi dalam penerbitan chapter book berjudul Manajemen Pemasaran (2021) yang diterbitkan penerbit Media Sains Indonesia.


Mayasari - Lulusan Sarjana (S-1) di Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran tahun 2001, dan berlanjut ke Program Magister Ilmu Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran lulusan tahun 2013. Sejak tahun 2014 menempuh pendidikan Doktor di Program Studi Ilmu-Ilmu Satra Universitas Padjadjaran dengan peminatan Linguistik.Riwayat karier sejak tahun 2010 menjadi dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Singaperbangsa Karawang, Program Studi Ilmu Komunikasi. Minat keilmuan penulis adalah bidang linguistik interdisipliner seperti analisis wacana kritis, media, dan sosiolinguistik. Hingga saat ini juga penulis aktif dalam seminar Nasional maupun Internasional. Beberapa artikel ilmiahnya dipublikasikan di jurnal nasional, jurnal internasional, dan prosiding ter-index.


Irawan Wibisono - Lahir di Sragen, 30 Oktober 1987. Memiliki ketertarikan terhadap dunia politik dan media. Mengenyam pendidikan formal S1 Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) dan S2 Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Mengawali laku jurnalistik pada 2006 di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Kentingan UNS, Solo. Di waktu yang sama menjadi reporter di sebuah majalah komunitas di Kota Bengawan. Pada 2015 -2020 aktif sebagai wartawan di harian Jawa Pos Radar Solo. Selama menjadi kuli tinta, pernah bertugas di beberapa desk/pos antara lain grassroot, pemerintahan dan politik. Selain itu juga melakukan peliputan khusus ibadah haji dan mengawal pilkada Kota Solo. Pernah menjadi tim penulis buku “40 Tahun Bakti UNISRI untuk Negeri” dan biografi Wali Kota Solo F.X.Hadi Rudyatmo “Sang Pelayan: Lurus dalam Pengabdian, Ikhlas dalam Pelayanan”.

Memutuskan pensiun sebagai wartawan pada awal 2021 namun tetap aktif bergelut di bidang yang sama sebagai Dosen Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penulis dapat dihubungi melalui surel irawan_wb@yahoo.com
Marno Wance - Kelahiran di Desa Oki Lama Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan, 08 Maret 1991. Penulis pernah menjadi Dosen Pada Program Studi Ilmu Pemerintahan UMMU Ternate (2017-2018) dan sekarang dosen tetap pada Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan di Universitas Pattimura, Ambon (2018-Sekarang. Menyelesaikan studi Ilmu Pemerintahan S1 di UMMU Ternate (2014), dan Sekolah Pascasarjana Magister S2 Ilmu Pemerintahan (UMY) Yogyakarta (2017). Hasil karya buku dengan judul (1). “Politik Anggaran: Dinamika legislasi, perencanaan anggaran, komunikasi politik, proyeksi pembuatan APBD” terbit 2020. (2). Manuskrip: Suksesi Kepemimpinan Adat di Negeri Raja-Raja (2021). (3). book chapter Dinasti Politik dan Demokrasi Lokal. (4). Book chapter Hukum Administrasi Negara (2021). Penulis juga memiliki sejumlah aktivitas menulis di Jurnal Nasional Terakreditasi maupun jurnal International bereputasi. Beberapa penelitian yang dilakuakn didanai oleh Kemenristek tahun 2019 serta penelitian institusi yang didanai oleh perguruan tinggi. Pernah melakukan penelitian di Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Morotai bersama SEMERU Institut Tahun 2013. Pemenang hibah bersaing ristek dikti sebanyak 2 kali tahun 2019. Menjadi penggiat pemilu yaitu aktif di Jaringan Pendidikan Pemilu Untuk Rakyat (JPPR) Provinsi Maluku Utara Tahun 2018-2022


Wesley Liano Hutasoit - Ketertarikan penulis dalam bidang sosial dimulai sejak tahun 2003 semasa duduk dibangku perkuliahan. Penulis memilih bidang sosial pada Sekolah Menengah Umum RK Bintang Timur di Pematang Siantar. Penulis menyelesaikan pendidikan Sarjana di Universitas HKBP Nommensen Medan tahun 2010 dan menyelesaikan Magister Studi Pendidikan di Universitas Sumatera Utara, Kota Medan tahun 2012.
Farida M. Arif - Merupakan anak ke-2 dan putri tunggal dari pasangan Drs. Muhammad Arif Badar dan Rosmiati Madeaming, S.Pd.I. ketertarikannya di bidang psikologi dimulai sejak ia menamatkan pendidikan SMAnya. Pernah lulus seleksi masuk jurusan psikologi di Universitas Tarumangera, namun karena kendala jarak dan izin orangtua akhirnya mimpinya untuk menjadi sarjana psikologi pupus. Namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya, ia akhirnya memilih jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Nusa Cendana dimana Psikologi dan Komunikasi merupakan cabang ilmu yang memiliki keterkaitan yang cukup erat. Ketertarikan mengenal dan mempelajari karakter manusia akhirnya mengantarkan ia untuk terjun ke dunia jurnalistik khususnya broadcasting. Pernah bekerja di salah satu Radio Swasta di Kota Kupang yaitu PT. Radio Darmawan Swaramedia (DMWS Fm Kupang). Setelah mendapat gelar sarjana di tahun 2012, penulis kemudian melanjutkan studi ke jenjang S2 di Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang pada tahun 2013 dengan mengantongi beasiswa BPPDN. Saat ini, penulis tercatat sebagai dosen tetap di Universitas Muhammadiyah Kupang sejak tahun 2016.


Sri Ayu Rayhaniah - lahir di Samarinda pada tanggal 31 Mei 1989, anak pertama dari dua bersaudara. Penulis menamatkan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Ulum (2001), MTs. Negeri Model Samarinda (2004), Madrasah Aliyah di Ponpes Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai (2007) pada jurusan IPA, selanjutnya melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda pada tahun 2007-2011, Jurusan Dakwah dengan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Lalu pada tahun 2015-2017 melanjutkan kuliah pascasarjana di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, dengan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Aktifitas sehari-hari selain sebagai ibu rumah tangga, penulis adalah seorang dosen yang aktif melakukan tri dharma perguruan tinggi pada Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, pada Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Beberapa karya penulis di antaranya: Kilau pendidikan (2020), Komunikasi Korporat (2021), Pengantar Ilmu Komunikasi (2021), Etika dan Komunikasi Organisasi (2021) dan Public Relations (2021).
Suci Lestari Handayani - Lahir di kota Kupang pada tanggal 04 April 1990 dari kedua orang tua yang asli bersuku minang. Berdarah asli minangkabau tapi menghabiskan masa kecil dan remaja di Kota Kupang. Menyelesaikan pendidikan dasar dari SD sampai SMP di NTT, melanjutkan pendidikan menengah atas di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi Sumatera Barat Penulis menyelesaikan pendidikan S1 dibidang Komunikasi (Public Relation) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan S2 dibidang Psikologi Sosial di Universitas yang sama. Penulis sengaja mengambil bagian dalam penulisan perilaku agresif karena dilatar belakangi oleh Tugas Akhir/Tesis penulis yang memang mengambil tema mengenai perilaku agresi yaitu dengan judul tesis “HUBUNGAN KESESAKAN DAN KONTROL DIRI TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESI MASYARAKAT DI KAWASAN PADAT PENDUDUK KOTA SURABAYA” Saat ini Penulis merupakan dosen tetap di program studi Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Kupang sejak tahun 2018. Penulis sendiri memegang mata kuliah Psikologi Sosial dan Antropologi Psikologi. Disamping mengajar dan aktif sebagai dosen penulis juga aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler seperti olahraga kempo (penulis tercatat sebagai atlit kejurnas).


Heny Triyaningsih - Penulis tertarik dengan komunikasi tanpa menyadarinya sejak pemilihan jurusan di SMA 1 Sedayu, yaitu jurusan bahasa. Bidang media, kepenulisan dan training menjadi kegiatan yang menjadi ketertarikan sehingga sempat menjdi peminpin redaksi buletin selama satu tahun, profesi wartawan serta berbagai pelatihan motivasi salah satunya dari Kubik Leadership yang menginisiasi berdirinya Lembaga Training Lentera yang bertahan sampai 4 tahun dengan aktifitas utamanya adalah memberi training motivasi kepada pelajar dan mahasiswa. Penggalian ilmu komunikasi lebih terarah ketika penulis kuliah di Universitas 17 Agustus Jakarta. Lulus tahun 2010 kemudian kegiatan kuliah terhenti untuk menjadi ibu rumah tangga dengan segala kesibukan seorang ibu. Tahun 2015, semangat seorang penulis yang juga adalah emak emak kembali muncul untuk menggenapkan rasa penasaran dengan keunikan ilmu komunikasi, sehingga penulis memutuskan untuk kuliah pasca sarjana di Universitas Gadjah Mada mengambil konsentrasi kajian budaya dan media, lulus Oktober 2017.

Penulis tertarik pada kajian dan penelitian komunikasi lintas budaya, sistem komunikasi indonesia dan managemen konflik. Ketertarikan tersebut menjadikan penulis mengabdikan diri dengan mengajar di sebuah Institut Agama Islam. Masih mencari ilmu dalam bidang training dan komunikasi secara umum untuk meningkatkan kebermanfaatan untuk sekitar.


Ria Wuri Andary - Penulis Lahir Di Kota Tanjung Morawa, kota kecil di perbatasan Kota Medan Sumatera Utara. Mengejar impian untuk menjadi pengajar dan motivasi penulis untuk memberikan ilmu terbaik bagi masyarakat. Ketertarikan penulis terhadap ilmu komunikasi dimulai pada tahun 2003 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke dunia pendidikan Perguruan Tinggi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan memilih Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara dan menjadi Sarjana Ilmu Komunikasi di tahun 2009. Kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di Magister Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara dan berhasil lulus pada tahun 2015. Penulis menjadi pengajar di Fakultas Ilmu Sosial Politik pada Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Medan Area mulai tahun 2017 hingga saat ini. Penulis menjadi tertarik pada dunia menulis karena untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Selain peneliti, penulis terus belajar menulis buku dan berbagai penelitian dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.


Editor

Sunarno SastroAtmodjo - Lahir di Sragen Jawa Tengah. Pendidikan dan gelar yang pernah ditempuh/didapat: SR Modjoranu Sambi Sambirejo Sragen (1964), SMP Saverius II Sragen, SMAN III Surakarta & SMA Tunas Djaja Surakarta (1970), Sarjana Muda (Bacaloreat II) Geologi UP Yogyakarta (1974), Diploma BPA UGM Yogyakarta (1978), Fakultas Geografi UGM Yogyakarta, Sarjana Muda (Bacaloreat) Biologi UGM (1978), Sarjana Biologi UGM Yogyakarta (1981), Deploma Ahli Pratama Pengelolaan Lingkungan FMIPA UT Jakarta (1998), Magister Biologi FMIPA UI Depok (2002), Program Doktor PKLH UNJ Jakarta (2005), Sarjana Adminstrasi Negara/Publik FISIP UT Jakarta (2007), Sarjana Ilmu Pemerintahan FISIP UT Jakarta (2009), Sarjana Sosiologi FISIP UT Jakarta (2011), Sarjana Ekonomi Manajemen FEKON UT Jakarta (2014), Magister Manajemen UIPM Malaysia (2017), Sarjana Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota FMIPA UT Jakarta (2017), Sarjana Ilmu Komunikasi FISIP UT Jakarta (2019), Doktor Kehormatan Bidang Konservasi BCB dan Sumberdaya Pariwisata dari UIPM Malaysia (2020).

Pernah bekerja di Ditjen Geologi Pertambangan Dep ESDM, Litbang Kehutanan Deptan, Ditjen Perikanan Deptan, Setjen Deptrans, Ditjen Kebudayaan Depdikbud, Deputi Destinasi Pariwisata Depbudpar, Pernah sebagai nara sumber dalam + 40 seminar/lokakarya/workshop /diskusi pada Sektor Pariwisata, serta sebagai penulis dalam + 40 tulisan di Bidang Pelestarian Kebudayaan.


Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1.  Mengenal Komunikasi
     Pendahuluan
     Definisi Komunikasi
     Karakteristik Komunikasi
     Hubungan Komunikasi dengan Kehidupan Manusia
Bab 2. Sejarah Komunikasi Manusia dan Sejarah Perkembangan Ilmu Komunikasi
     Sejarah Komunikasi Manusia
     Zaman Tanda dan Isyarat
     Zaman Bahasa Lisan
     Zaman Tulisan
     Zaman Cetak
     Zaman Komunikasi Massa
     Sejarah Perkembangan Ilmu Komunikasi
     Tradisi dalam Perkembangan Ilmu Komunikasi
     Mazhab dalam Perkembangan Ilmu Komunikasi
     Sejarah Singkat Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi di
Bab 3. Tujuan dan Akibat Komunikasi
     Pengantar
     Tujuan Komunikasi
     Akibat Komunikasi
Bab 4. Prinsi[ Dasar dan Tingkatan Proses Komunikasi
     Pengantar
     Prinsip Dasar Komunikasi
     Tingkatan Komunikasi
     Proses Komunikasi
Bab 5. Pengertian dan Model Dasar Komunikasi
     Pengertian Komunikasi
     Unsur Atau Elemen Dasar Komunikasi
     Model Dasar Komunikasi
Bab 6.  Fungsi dan Pengaruh Model Komunikasi
     Fungsi Umum Model dan Manfaatnya
     Model S-R
     Model Aristoteles
     Model Lasswell
     Model Scramm
     Model Newcomb
     Model Westley dan MacLean
     Model Gerbner
     Model Berlo
     Model DeFleur
     Model Tubbs
     Model Gyukunst dan Kim
     Model Interaksional
Bab 7. Batasan, Fungsi dan Jenis Komunikasi Nonverbal
     Batasan
     Fungsi Komunikasi Non Verbal
     Jenis-Jenis Komunikasi Non Verbal
     Karakteristik Komunikasi Non Verba
Bab 8. Definisi, Tujuan dan Efektivitas Komunikasi Pribadi
     Definisi Komunikasi Pribadi
     Tujuan Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi
     Hambatan dalam Komunikasi Interpersona
Bab 9. Pengertian, Karakteristik dan Fungsi Komunikasi Massa
     Pengertian Komunikasi Massa
     Karakteriskti Komunikasi massa
     Fungsi Komunikasi Massa
Bab 10. Proses dan Dampak Komunikasi Massa
     Proses Komunikasi Massa
     Ciri Komunikasi Massa
     Dampak Komunikasi Massa
     Dampak Sosial Komunikasi Massa
Bab 11. Peran Kebudayaan dalam Kehidupan Manusia, Serta Pengaruh Kebudayaan Terhadap Komunikasi
     Pendahuluan
     Pengertian Kebudayaan
     Peran Kebudayaan Dalam Kehidupan Manusia
     Pengaruh Kebudayaan Terhadap Komunikasi
     Perubahan Budaya Oleh Teknologi Komunikasi
     Penutup
Bab 12. Komunikasi Antar Budaya Serta Pemakaiannya
     Komunikasi Antar Budaya
     Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Antar Budaya
     Hambatan dan Kegagalan dalam Komunikasi
Bab 13. Karakteristik, Bentuk dan Teknik Penyajian Pesan Dalam Komunikasi Yang Efektif
     Pengantar
     Karakteristik Komunikasi Efektif
     Hambatan Komunikasi Efektif
     Bentuk Dan Penyajian Pesan
Bab 14. Karateristik Saluran Komunikasi dan Khalayak Dalam Komunikasi yang Efektif
     Saluran Komunikasi
     Karakteristik Saluran Komunikasi
     Khalayak dan Karateristiknya
     Prinsip Prinsip Khalayak
     Saluran Komunikasi dan Khalayak dalam Komunikasi
Cover Belakang