Tampilkan di aplikasi

Buku Adab hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Sistem Pendukung Keputusan

Konsep, Implementasi & Pengembangan

1 Pembaca
Rp 105.600 9%
Rp 95.600

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 286.800 13%
Rp 82.853 /orang
Rp 248.560

5 Pembaca
Rp 478.000 20%
Rp 76.480 /orang
Rp 382.400

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems) disingkat DSS merupakan bagian dalam sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan/ manajemen pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sistem komputer tersebut mengolah data menjadi informasi yang digunakan untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik. DSS dapat sepenuhnya terkomputerisasi atau didukung oleh manusia.

Dalam beberapa kasus, DSS memungkinkan untuk menggabungkan keduanya. Sistem yang ideal menganalisis informasi dan benar-benar membuat keputusan bagi pengguna. Setidaknya, para pengambil keputusan memungkinkan pengguna manusia untuk membuat keputusan yang lebih tepat dengan lebih cepat.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Andreas Andoyo, S.Sos. M.T.I / Elisabet Yunaeti Anggraeni, M.T.I / Ahmad Khumaidi, S.Kom., M.T.I / Adi Prasetia Nanda, S.Kom., M.TI / Agus Suryana S.T., M.T.I / Sucipto,S.Kom,M.Kom / Andino Maseleno, S.T., M.Eng., Ph.D. / Panji Andhika Pratomo, S. Kom., M.T.I / Suyono / Satria Abadi, S. Kom., M.TI., Ph. D
Editor: Dr. Sri Rahayu, S.E., M.M

Penerbit: Adab
ISBN: 9786236872826
Terbit: Februari 2021 , 208 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems) disingkat DSS merupakan bagian dalam sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan/ manajemen pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sistem komputer tersebut mengolah data menjadi informasi yang digunakan untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik. DSS dapat sepenuhnya terkomputerisasi atau didukung oleh manusia.

Dalam beberapa kasus, DSS memungkinkan untuk menggabungkan keduanya. Sistem yang ideal menganalisis informasi dan benar-benar membuat keputusan bagi pengguna. Setidaknya, para pengambil keputusan memungkinkan pengguna manusia untuk membuat keputusan yang lebih tepat dengan lebih cepat.

Pendahuluan / Prolog

Konsep Sistem Penunjang Keputusan
Perkembangan teknologi informasi beserta metode-metode komputasi telah diaplikasikan untuk berbagai keperluan bisnis maupun tata kelola manajemen pemerintah dan sector industry(dss and Holsapple (2008, p.22) - Penelusuran Google, no date; Syafrizal, 2010; Trafton et al., 2010; Asemi et al., 2011; Mukhtar and Munawir, 2018)research, community service and supporting elements that are appropriate for academics so that good quality education is achieved in accordance with the assessment. A decision is a matter that is very influential in the process of facing the chosen alternative, so also choosing the academic quality that has an impact on the focus of accreditation of higher education institutions.

The model used in this decision support system is Fuzzy Mutual Attribute Decision Making (FMADM. Pada saat ini system pendukung keputusan (decision support system) merupakan kebutuhan system yang menjadi keunggulan kompetitif seiring dengan perkembangan bisnis dan tata kelola organisasi yang berjalan sangat cepat, kompetitif dan memberikan nilai akurasi dan presisi model-model solusi pemecahan permasalahan dalam tata Kelola manajemen modern.

Buku ini membahas tentang sisi konsep dan penerapan teknologi informasi menggunakan metode decision support system pada sisi tata Kelola organisasi bisnis (E-Bisnis) maupun tata Kelola pelayanan manajemen pemerintah (E-Government) berserta pengembangan dan penelitian lebih lanjut aplikasi decision support system.

Sistem Pendukung Keputusan (DSS) mendorong keputusan yang lebih cepat dan lebih cerdas berdasarkan data objektif, bukan berdasarkan kriteria subjektif atau naluri pribadi. Mereka menawarkan wawasan dan tindakan yang diusulkan kepada pembuat keputusan berdasarkan diagnosis masalah, tindakan sebelumnya yang diambil, hasil dari tindakan tersebut dan info kontekstual relevan lainnya.

Penulis

Andreas Andoyo, S.Sos. M.T.I - Mmerupkan alumni S1 dari Universitas Bandar Lampung pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 1994. Kemudian ia melanjutkan studi Pasca Sarjana Magister (S2) jurusan Teknik Informatika pada Institut Informatika Bisnis (IIB) Darmajaya pada tahun 2012. Selain itu profesi beliau disela mengajar adalah sebagai wartawan senior. Beberapa pengalaman beliau sebagai adalah wartawan Sumatera Post dari tahun 2000 – 2012, dan wartawan Majalah Ombudsman Indonesia 2012 – 2015. Saat ini ia adalah dosen senior di STMIK Pringsewu Lampung dari tahun 2001 hingga saat ini.
Elisabet Yunaeti Anggraeni, M.T.I - Menyelesaikan pendidikan Strata 2 pada Magister Teknologi Informasi pada Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Lampung pada tahun 2012. Sejak tahun 2009 diangkat sebagai dosen tetap di STMIK Pringsewu dan pernah menjabat sebagai Wakil Ketua 1 STMIK Pringsewu.
Ahmad Khumaidi, S.Kom., M.T.I - Ia menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar Sarjana Komputer untuk jenjang Starata Satu pada 28 Juni 2012 di Kampus STMIK Pringsewu. Ia melanjutkan pendidikan di jenjang starat dua dan menyelesaiaknnya kuliah nya pada 16 September 2014 di kampus Ibi Darmajaya Bandar Lampung pada Jurusan Megister Tehnik Informatika. Pada tahun 2014 diangkat menjadi Dosen STMIK Pringsewu dan ditempatkan di Program Studi Sistem Infromasi.
Adi Prasetia Nanda, S.Kom., M.TI - Ia menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar Sarjana Sains (S-1) pada 23 Februari 2010. Ia merupakan alumnus Jurusan Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer pada Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Lampung. Mengikuti Program Magister Teknik Informatika dan lulus pada tahun 2017 dari Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Lampung. Pada tahun 2018 diangkat menjadi Dosen STMIK Pringsewu pada Prodi Sistem Informasi.
Agus Suryana S.T., M.T.I - Ia menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar Sarjana Teknik pada 10 Februari 2000. Ia merupakan alumnus Jurusan Teknik Informatika STMIK Bandung. Pada tahun 2010 melanjutkan studi Program Magister Teknik Informatika IBI Darmajaya Bandar Lampung. Pada tahun 2014 melanjutkan studi pada Faculty Visual Art and Computer, program studi PhD in Computer Science pada Universitas Selangor (Unisel Malaysia). Pada tahun 2005 menjadi Dosen di Universitas Teknokrat Bandar Lampung pada prodi Teknik Informatika, kemudian 2010 menjadi dosen IIB Darmajaya. Pada tahun 2012 diangkat menjadi Dosen STMIK Pringsewu dan ditempatkan di Fakultas Ilmu Komputer pada program studi Sistem Informasi.
Sucipto,S.Kom,M.Kom - Ia menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar Sarjana komputer pada 10 Oktober 1996. Ia merupakan alumnus Universitas Budi Luhur Jakarta. Pada tahun 2013 mengikuti Program Magister komputer lulus pada tahun 2015 dari ERESHA Jakarta. Pada tahun 2017 diangkat menjadi Dosen STMIK Pringsewu Lampung.
Andino Maseleno, S.T., M.Eng., Ph.D. - Ia menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar Sarjana (S1) Teknik pada tahun 2005 dari UPN “Veteran“ Yogyakarta. Selanjutnya melanjutkan studi (S2) pada program Master of Engineering pada tahun 2009 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan memperoleh beasiswa Studi Doktoral (Ph.D) dalam bidang ilmu komputer di Universiti Brunei Darussalam, Brunei Darussalam pada tahun 2015. Ia aktif dalam Publikasi Internasional dan juga aktif pada kegiatan conference dan workshop internasional sebagai keynotespeaker.
Panji Andhika Pratomo, S. Kom., M.T.I - Ia menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar Sarjana Komputer pada 23 Mei 2012 dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Teknokrat Indonesia. Pada tahun 2014 mengikuti Program Magister Teknik Informatika dan lulus pada tahun 2017 dari Institut Infromatika dan Bisnis Darmajaya. Pada tahun 2018 diangkat menjadi Dosen STMIK Pringsewu dan ditempatkan di Fakultas Ilmu Komputer pada program studi Sistem Informasi.
Satria Abadi, S. Kom., M.TI., Ph. D - Beliau menyelesaikan studi Sarjana Komputer (S.Kom) di Universitas Bina Darma Palembang tahun 2003, menyelesaikan studi Magister Tekhnologi Infomasi (MTI) di Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung pada tahun 2012 dan menyelesaikan studi Doktoral by research (PhD) di University of Selangor Malaysia tahun 2019. Beliau merupakan dosen senior pada program studi Sistem Informasi di STMIK Pringsewu Lampung, memiliki pengalaman sebagai keynote speker pada beberapa workshop dan memiliki publikasi internasional yang terindeks scopus dengan H Indeks Sinta 8, dengan 30 dokumen scopus. Selain itu aktivitas beliau aktif mengikuti berbagai konferensi internasional dan melakukan joint research di bidang sistem informasi.

Editor

Dr. Sri Rahayu, S.E., M.M - Dr. Sri Rahayu, S.E., M.M. adalah peneliti dan dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lampung Timur. Lahir di Braja Luhur 04 Juli 1977. Menyelesaikan studi Strata 1 (S1) dan Strata 2 (S2) bidang manajemen pemasaran di Univer sitas Bandar Lampung. Pendidikan Strata 3 (S3) ditempuhnya pada Program Doktor Ilmu Ekonomi (PDIE) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (2019), dengan fokus penelitian bidang Green Marketing dan Brand. Penulis juga merupakan pengajar (Dosen Tidak Tetap) di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta, dan reviewer (Mitra Bestari) dibeberapa jurnal nasional. Karya ilmiah.penulis dapat diakses pada profil publikasi Sinta ID: 6101527 Scopus ID: 57213171354.

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1: Konsep Sistem Penunjang Keputusan
     A. Pendahuluan
     B. Model Analisis Bahan Keputusan (Decision Analysis Model).
     C. Literature Review Penelitian dan Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan pada Jejaring Sosial
     D. Struktur dan Kerangka Kerja Model Sistem Keputusan
     E. Konsep Intelligent (Penerapan Sistem Cerdas)pada Sistem Pengambilan Keputusan (DSS)
     F. Model Analisis Decision Support Sistem (DSS)Menggunakan Java Programing Metode Decision Tree
     Daftar Pustaka
     Biodata Singkat
Bab 2: Manajemen Data
     A. Pendahuluan
     B. Kegiatan Manajemen Data
     C. Mengapa Menggunakan Manajemen Data ?
     D. Konsep Manajemen Data
     E. Apakah Sistem Basis Data ?
     F. Tujuan dan Manfaat Basis Data
     G. Sistem Basis Data
     H. Pengguna Basis Data
     I. Contoh Penggunaan Aplikasi Basis Data Dalam Dunia Bisnis
     Daftar Pustaka
     Biodata Singkat
Bab 3: Decision Support System (DSS) Dan Membangun DSS
     A. Pendahuluan
     B. Pengertian Decision Support System (DSS)
     C. Jenis-Jenis Decision Support System (DSS)
     D. Komponen Decision Support System (DSS)
     E. Membangun Decision Support System (DSS)
     Daftar Pustaka
     Biodata Singkat
Bab 4: Management Support System (MSS)
     A. Pendahuluan
     B. Managerial Decision Making & Management Information Systems (MIS)
     C. Kerangka Kerja Decision Support (DS)
     D. Decision Support System
     E. Group Support System
     F. Executive Information (Support) Systems (EISatau ESS)
     G. Expert Systems (ES)
     H. Newral Computing (Artificial Neural Network)
     Daftar pustaka
     Biodata Singkat
Bab 5: Metode Optimisasi Kriteria pada Sistem Penunjang Keputusan
     A. Pendahuluan
     B. Metode Optimasi Sistem Keputusan
     C. Model Implementasi Optimasi Metode Bayesian dengan Python
     Daftar Pustaka
     Biodata Singkat
Bab 6: Analytical Hierarchy Process (AHP)
     A. Pendahuluan
     B. Pengambilan keputusan Masalah tidak terstruktur dan Semi Terstruktur
     C. Model AHP
     D. Implementasi AHP
     Daftar Pustaka
     Biografi Singkat
Bab 7: Fuzzy Logic
     A. Pendahuluan
     B. Teori Matematika untuk Pembuktian
     Daftar Pustaka
     Biodata Singkat
Bab 8: Fuzzy Analytic Hierarchy Process
     A. Pendahuluan
     B. Sejarah Singkat Metode Fuzzy AHP
     Daftar Pustaka
     Biodata Singkat
Bab 9: Executive Information Dan Data Engineering
     A. Pendahuluan
     B. Sistem Informasi Eksekutif (EIS)
     C. Sifat Dasar Pekerjaan Eksekutif
     D. Kebutuhan Informasi Eksekutif
     E. Karakteristik EIS
     F. Pengembangan Sistem
     G. Model Penerimaan Teknologi
     H. Data Engineering
     I. Tren dan Sejarah
     J. Tanggung Jawab Data Engineering
     K. Jenis Sumber Data
     L. Keterampilan dan Alat Teknik Data Engineering
     Daftar Pustaka
     Biografi Singkat
Bab 10: Organizational Decion Support System (ODSS)dan Topik Pengembangan DSS
     A. Pendahuluan
     B. Konsep DSS, GDSS, EIS dan Organizational Decision Support System (ODSS)
     C. Topik Pengembangan Decision Support System (DSS)
     Daftar Pustaka
     Biodata Singkat