Tampilkan di aplikasi

AirNav Indonesia, modernisasi alat navigasi di Papua

Majalah airmagz - Edisi 36
14 Maret 2018

Majalah airmagz - Edisi 36

Berdasarkan nawacita Presiden Jokowi nomor 3, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, muncul rencana mengembangankan penerbangan di Papua, khususnya urusan kenavigasian. / Foto : dokumentasi Airnav Indonesia

airmagz
Beberapa waktu lalu, saat meresmikan modernisasi layanan navigasi penerbangan di Papua di kantor AirNav Indonesia Cabang Sentani, (12/1), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Sumarno mengatakan bahwa pemerintah terus mendorong berbagai program di Papua agar pemerataan pembangunan di negeri ini segera terwujud.

Rini juga menyebut BUMN telah berperan dalam mewujudkan BBM satu harga di Papua, menyamakan harga beberapa kebutuhan pokok di Papua sehingga sama dengan harga-harga di Pulau Jawa, dan menyamakan layanan navigasi di Papua dengan layanan navigasi yang ada di bagian barat Indonesia.

Selain itu, Rini juga mengungkapkan kebutuhan masyarakat Papua terhadap moda transportasi udara merupakan kebutuhan penting. Dengan kondisi geografis Papua, kata Rini, transportasi udara merupakan moda krusial bagi masyarakat Papua.

“Harapannya melalui program ini, konektivitas udara di wilayah Papua meningkat sehingga turut menunjang pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua,” ujarnya di sela-sela acara peresmian.

Papua memang menjadi salah satu daerah yang ditafsirkan termasuk daerah pinggiran. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso menafsirkan kata “pinggiran” yang ada dalam nawacita Jokowi menjadi beberapa arti.

“Pinggiran itu berarti, pertama, daerah pinggiran secara geografis. Kedua, daerah yang terpinggirkan dan daerah pedalaman. Ketiga, daerah yang rawan bencana. Dan yang keempat, daerah terisolir,” ujarnya kepada Airmagz saat diwawancara di ruangan kerjanya, Selasa (16/01).
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI