Tampilkan di aplikasi

Call center khusus penerbangan harus ada?

Majalah airmagz - Edisi 27
15 Maret 2018

Majalah airmagz - Edisi 27

Dalam dunia penerbangan, keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama.

airmagz
Seperti kita ketahui bersama, perkembangan dunia aviasi di Indonesia mengalami lonjakan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat dari meningkatnya penumpang pesawat udara. Hal tersebut menuntut para operator maskapai di Indonesia terus menambah armadanya. Tapi, peningkatan permintaan jasa angkutan udara belum mampu diimbangi dengan mutu layanan kepada penumpang.

Hal ini terlihat jelas, jadwal penerbangan masih sering mengalami delay. Bahkan peristiwa kecelakaan pesawat udara masih tetap menghantui. Oleh sebab itu, aspek keamanan dan keselamatan penerbangan perlu terus ditingkatkan oleh pemerintah sebagai regulator dan stakeholder. Masyarakat pengguna jasa angkutan udara juga masih perlu diingatkan untuk bertindak lebih bijaksana dalam menegakkan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Perlu terus dilakukan edukasi dan sosialisasi tentang pent ingnya keamanan dan keselamatan penerbangan, meskipun hanya sebatas informasi atau pelaporan terhadap terjadinya pelanggaran. Salah satu pihak yang menaruh perhatian besar tentang keamanan dan keselamatan penerbangan di Indonesia adalah Ikatan Pilot Indonesia (IPI). IPI merupakan wadah para profesi pilot di tanah air yang terbentuk sejak beberapa tahun lalu.

Lembaga ini mendorong gagasan kepada pemerintah untuk membentuk call center khusus mengenai keamanan penerbangan sebagai langkah untuk terus menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan di Indonesia. Ketua IPI, Captain Bambang Adisurya Angkasa, menyampaikan bahwa keamanan dan keselamatan di dunia penerbangan merupakan hal utama. Untuk itu, dibutuhkan peran dari semua instansi terkait.
Majalah airmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI