Tampilkan di aplikasi

Nabi Yusya' dan matahari yang tak terbenam

Majalah Arrisalah - Edisi 213
9 Juli 2019

Majalah Arrisalah - Edisi 213

Nabi Yusya' dan matahari yang tak terbenam

Arrisalah
Setelah Nabi Musa ‘alaihissalam wafat, Nabi Yusya’ bin Nun ‘alaihissalam membawa Bani Israil keluar dari padang pasir. Dia berjalan bersama Bani Israil menyeberangi sungai Yordania dan akhirnya sampai di kota Jerica, yang termasuk di antara kota yang paling kokoh pintu gerbangnya, paling tinggi bangunannya, dan paling banyak penduduknya.

Nabi Yusya’ mengepung kota tersebut selama enam bulan lamanya. Suatu hari, mereka menyerbu ke dalam seraya meniup terompet dan meneriakkan takbir secara serentak. Mereka pun berhasil menghancurkan pagar pembatas kota, kemudian memasukinya, lain mengambil harta rampasan yang mereka dapatkan di sana dan membunuh dua belas ribu pria dan wanita.

Mereka juga memerangi sejumlah raja-raja (yang berkuasa). Mereka berhasil mengalahkan sebelas raja dari rajaraja yang berkuasa di Syam. Pengepungan itu terus berlangsung hingga sampai di Hari Jumat setelah Ashar. Maka tatkala matahari telah terbenam atau hampir terbenam, dan akan tiba Hari Sabtu yang telah dijadikan sebagai hari raya untuk mereka (yang di hari itu mereka dilarang untuk berperang).

Dan mereka akan memasuki waktu itu (padahal mereka masih dalam keadaan berperang), Nabi Yusya’ berkata kepada matahari, “Engkau diperintah (untuk beredar) dan aku pun diperintah (untuk menaklukkan kota ini). Ya Allah, tahanlah matahari itu untukku (agar tidak terbenam dulu).”
Maka Allah menahan matahari (agar tidak terbenam) sampai dia berhasil menaklukkan negeri itu dan memerintahkan bulan agar tidak menampakkan dirinya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya matahari tidak pernah ditahan untuk seorang manusia kecuali untuk Yusya’, yakni pada malam-malam dia berjalan ke Baitul Maqdis (untuk jihad).” (Diriwayatkan oleh Ahmad dan sanadnya sesuai dengan syarat al-Bukhari).
Majalah Arrisalah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI