Tampilkan di aplikasi

Mengenal prinsip salaf dalam berteman

Majalah Asy Syariah - Edisi 120
20 Juni 2019

Majalah Asy Syariah - Edisi 120

Mengenal Prinsip Salaf dalam Berteman

Asy Syariah
Sebagai makhluk sosial, manusia senantiasa membutuhkan teman dalam hidupnya. Teman yang dapat saling membantu dan bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Termasuk hal unik dalam pertemanan, bahwa setiap orang memiliki kecondongan kepada teman yang serupa dengannya dalam hal sifat, karakter, dan yang lainnya. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

"Ruh-ruh itu seperti tentara yang berkumpul saling berhadapan. Maka yang saling mengenal (mencocoki) darinya akan saling bersatu dan yang berbeda akan saling berseteru.” (HR. Muslim dalam Shahih-nya no. 2638 dari sahabat Abu Hurairah) Sahabat Abdullah bin Mas’ud radhiallahu anhu berkata, “Seseorang akan berjalan dan berteman dengan orang yang disukai dan serupa dengannya.” (al-Ibanah karya al-Imam Ibnu Baththah 2/476)

Dalam sebuah perumpamaan Arab pun disebutkan, ُ Sesungguhnya burung-burung itu akan bertengger bersama burung yang serupa dengannya.” Sebuah perumpamaan yang membawa pesan bahwa burung-burung yang hakikatnya adalah binatang akan berteman dengan burung yang serupa. Demikian pula manusia yang memiliki akal dan kecondongan, tentu akan berteman dengan orang yang serupa dan dicondonginya.
Majalah Asy Syariah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI