Tampilkan di aplikasi

Memilih teman, sebuah keharusan

Majalah Asy Syariah - Edisi 120
20 Juni 2019

Majalah Asy Syariah - Edisi 120

Memilih Teman, Sebuah Keharusan

Asy Syariah
Seorang teman memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan setiap insan. Baik buruknya orang-orang di sekitarnya akan sangat berpengaruh pada baik buruk dirinya dalam beragama. Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memerintah seorang pria yang sedang mencari pasangan hidup untuk menjadikan agama sebagai tolok ukur utama dalam memilih. Beliau shallallahu alaihi wasallam berkata,

“Wanita dinikahi dengan sebab empat hal: harta, keturunan, kecantikan, dan agamanya. Utamakanlah agamanya, jika tidak engkau akan merugi.” (HR. al-Bukhari dan Muslim) An-Nawawi rahimahullah berkata, “Hadits ini menunjukkan anjuran untuk bergaul dengan orang-orang yang baik agamanya dalam segala urusan. Sebab, seorang yang berteman dengan mereka akan mendapatkan faedah dari akhlak, berkah, dan bagusnya jalan mereka, serta akan aman dari kerusakan dari mereka.” (Syarah Shahih Muslim)

Demikian juga dalam memilih teman, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menganjurkan untuk memilih teman yang saleh. Beliau shallallahu alaihi wasallam berkata, “Permisalan teman yang baik dan teman yang jelek adalah seperti penjual minyak misik dan pandai besi. Pembawa minyak wangi bisa jadi engkau diberi olehnya, membeli darinya, atau paling tidak engkau memeroleh bau wangi darinya. Adapun pandai besi, bisa jadi akan membakar pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang busuk.” (HR. Muslim)

An-Nawawi rahimahullah berkata, “Dalam hadits ini ada keutamaan bermajelis dengan orang-orang saleh, orang-orang baik yang menjaga muru’ah, berakhlak mulia, berilmu, wara’, dan beradab. Hadits ini juga menunjukkan larangan bermajelis dengan orang yang buruk perangainya, ahlul bid’ah, orang yang mengghibahi orang lain, orang fajir, dan berperangai tercela lainnya.” (Syarah Shahih Muslim)
Majalah Asy Syariah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI