Tampilkan di aplikasi

BMW S 1000 XR, the grand tourer

Majalah AutoExpert - Edisi 89
27 Juli 2016

Majalah AutoExpert - Edisi 89

Sports engine in an adventurer body, mix matched? / Foto : Faringga

AutoExpert
Binatang jenis baru bernama Dual Purpose Bike A.K.A Adventure Sport memang baru saja muncul di tengah pasar, mengisi ruang kosong antara kelas Adventure dan Sports. Perkembangan selera konsumen bisa jadi merupakan pemicu kelas baru untuk muncul dan menjadi favorit baru di kalangan riders. BMW Motorrad menghadirkan S 1000 XR untuk menjadi pemimpin di kelas baru ini. Ia memiliki sosok sebuah Adventure Bike, tapi dibekali mesin dan sistem penggerak dari kelas Sportsbike.

BMW membenamkan mesin 4 silinder segaris berkapasitas 999 cc, sama seperti yang digunakan S 1000 RR, dengan setting engine mapping yang sama dengan S 1000 R, sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 160 dk dan torsi 112 Nm. Kendati memang bukan Sportsbike murni, XR juga dibekali paket perangkat elektronik yang membantu rider untuk mengeluarkan tenaga mesin secara maksimal tanpa harus menjadi ahli berkendara. Contohnya adalah XR unit tes kami saat ini sudah dibekali 3 mode riding, Rain, Road dan Dynamic.

Model satu ini juga sudah dibekali sistem ASC (Automatic Stability Control) racikan BMW serta ABS semi integral. Mode Rain menghadirkan respons akselerasi mellow yang dikombinasikan dengan sistem ABS dan ASC lebih responsif pada permukaan jalan basah atau licin. Mode Road memberikan kesempatan rider untuk mencicipi semua porsi dari tenaga 160 dk yang dimilikinya, bersama dengan output traksi dan bantuan pengereman yang disesuaikan dengan trek kering dan mulus.

Sementara Mode Dynamic sebenarnya mirip dengan mode Road, tapi menggunakan DTC (Dynamic Stability Control) bersama ABS, menghadirkan respon akselerasi lebih agresif dan kendali traksi roda belakang, mengurangi wheel spin dan sedikit mengangkat roda depan (bunny hop). 1000 XR memang terlihat sedikit mengintimidasi, apalagi untuk rider pemula yang baru kali ini melihat Adventure Bike untuk pertama kalinya.
Majalah AutoExpert di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI