Tampilkan di aplikasi

Cheesecake mousse with Lapis Mandarin Insertion

Majalah Bareca - Edisi 07/09
12 Maret 2018

Majalah Bareca - Edisi 07/09

Terinspirasi untuk mengkreasikan dessert yang memadukan sentuhan tradisional khas Indonesia dan Modern French Patisserie. / Foto : Hendri Wijaya

Bareca
Terinspirasi untuk mengkreasikan dessert yang memadukan sentuhan tradisional khas Indonesia dan Modern French Patisserie adalah alasan dari Chef Tania Rahendra menghadirkan Cheesecake Mousse with Lapis Mandarin Insertion yang dipilih sebagai gambar sampul BARECA Magazine edisi September 2017.

“Saat ini bisa dikatakan masyarakat Indonesia sangat menggemari varian dessert atau makanan dengan elemen keju, apalagi jika dicampur dengan cokelat atau ragam buah seperti pisang. Bahkan nasi dan ayam goreng juga disajikan dengan elemen keju leleh di atasnya,” Chef Tania menjelaskan.

Entremets cake Cheesecake Mousse with Lapis Mandarin Insertion terdiri dari lapis Mandarin dengan dua lapisan cake; vanila dan cokelat yang diberi strawberry jelly layer serta parutan keju cheddar. Untuk selanjutnya, lapis Mandarin dilapisi dengan vanilla chocolate mousse cake serta glaze pada lapisan luar.

“Alasan saya menggunakan keju cheddar untuk parutan isi dari lapis Mandarin adalah agar tetap mempertahankan rasa khas tradisional dari lapis Mandarin tersebut. Sementara untuk mousse, saya menggunakan cream cheese karena memiliki tekstur yang creamy dan halus,” Pemilik dari usaha daring Cakeatiers Le Patisserie tersebut, menjelaskan.

Chef Tania juga mengungkapkan sejumlah tahapan yang harus diperhatikan dalam membuat cake ini. Salah satu hal yang cukup krusial adalah teknik mengaduk dan mencampur adonan lapis Mandarin yang tidak boleh berlebihan karena dapat menghasilkan tekstur lapis Mandarin yang keras.

“Usahakan untuk menggunakan setting agent seperti gelatin dengan standar konsistensi tepat untuk menghasilkan mousse yang lembut dan tidak kenyal. Selain itu, usahakan untuk mendinginkan mousse setidaknya 12 jam atau lebih, hingga beku,” Chef Tania menuturkan.
Majalah Bareca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI