Tampilkan di aplikasi

Konsisten Tingkatkan Kompetensi Insan Film

Majalah Broadcastmagz - Edisi Edisi 76
28 Agustus 2018

Majalah Broadcastmagz - Edisi Edisi 76

Konsisten Tingkatkan Kompetensi Insan Film / Foto : broadcastmagz_76

Broadcastmagz
Film dikenal sebagai karya cita seni dan budaya sekaligus media komunikasi yang mampu menyerap nilai-nilai luhur budaya bangsa. Di tanah air, film mengalami pasang surut.

Seperti sebuah siklus, dalam rentang waktu tertentu film, khususnya film Indonesia, seolah sulit mendapat tempat di hati penonton yang ditandai dengan jumlah produksi dan penonton yang terbilang minim, tetapi dalam kurun waktu lainnya, film Indonesia menjadi prioritas para penonton yang ditandai dengan jumlah produksi dan penonton film yang meningkat, seperti yang dialami dunia film Indonesia dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Dalam tiga tahun terakhir, film Indonesia boleh dibilang kembali bergairah. Jumlah film yang dibuat dan jumlah penonton yang datang ke bioskop pun meningkat.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah penonton film box office yang umumnya menembus angka 4 juta penonton. Simak saja, dalam catatan filmindonesia.or.id, film terlaris tahun 2016, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 ditonton 6.858.616 penonton; film terlaris tahun 2017, Pengabdi Setan ditonton 4.206.103 penonton; dan awal tahun 2018, calon film terlaris 2018, Dilan 1990 ditonton 6.315.096 penonton.

Kondisi ini tentunya perlu dipertahankan, bahkan harus ditingkatkan dan diharapkan film-film Indonesia tak sekedar bisa ditonton di bioskop-bioskop di tanah air, tetapi juga mancanegara. Dengan kata lain, film Indonesia bisa mendunia. Tentunya, banyak cara yang bisa dilakukan dan hal ini tidak bisa dilakukan secara instan, tetapi harus dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan.

Hal ini sangat disadari para stake holder dunia film. Salah satunya, pemerintah yang melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membentuk Pusat dan Pengembangan Perfilman (Pusbang Film).
Majalah Broadcastmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI