Tampilkan di aplikasi

Yuk, optimalkan positioning dan format radio Anda!

Majalah Broadcastmagz - Edisi 77
28 Agustus 2018

Majalah Broadcastmagz - Edisi 77

Yuk, Optimalkan Positioning dan Format Radio Anda! / Foto : broadcastmagz_77

Broadcastmagz
Stasiun penyiaran radio komersial senantiasa berupaya mengoptimalkan pendapatannya berawal dari target dan perolehan pendengar. Jika dicapai dengan baik, biasanya akan dicari oleh para pengiklan. Data pendengar inilah yang oleh pengiklan dijadikan dasar untuk melakukan promosi, selanjutnya membeli slot waktu penyiaran radio tersebut. Untuk menentukan rating data ini biasanya diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan, baik oleh stasiun sendiri atau oleh lembaga penelitian profesional.

Data-data tersebut akan disampaikan kepada pengiklan. Tujuan program dari sebuah stasiun penyiaran radio komersial adalah untuk menyiarkan atau mengudarakan sesuatu yang bisa menarik perhatian pendengar, kemudian bisa “ dijual ” kepada para pengiklan Bagi pengelola stasiun penyiaran radio hendaknya berhati-hati dalam menentukan programming penyiaran radio. Pastikan terlebih dahulu positioning yang hendak dicapai.

Positioning itu sendiri adalah upaya agar pendengar yang akan diraih sesuai dengan citra yang dikehendaki. Salah satu upayanya adalah membuat format acara yang akan diudarakan kepada pendengar, sehingga antara positioning dan format akan membentuk citra stasiun penyiaran. Kehati-hatian menyusun format acara sebaiknya pula memperhatikan faktor persaingan penyiaran radio, geografis (perkotaan atau pedesaan) – demografis (usia, status ekonomi, pendidikan) – psikografis (gaya hidup) untuk mengelompokkan pendengar secara psikografis.
Majalah Broadcastmagz di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI