Buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) hanya dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Bahasa Indonesia 3

Bahasa Indonesia 3: SMK Kelas XII - KTSP 2006

Bahasa Indonesia 3

Dalam bab ini, kita mempelajari proses menyimak untuk memahami teks seni berbahasa dan ilmiah sederhana yang berkaitan dengan proses apresiasi, yaitu bagaimana bersikap terhadap pembacaan karya sastra dan teks ilmiah sederhana yang terdiri atas reaksi kinetik dan verbal. Untuk mencapai hal tersebut, kita harus memahami unsur-unsur intrinsik bentuk prosa maupun puisi. Dengan mempelajari materi ini, diharapkan kita akan dapat menunjukkan reaksi kinetik dan verbal terhadap pembacaan prosa fiksi atau prosa faktual dan puisi dengan dasar apresiasi yang benar.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Mokhamad Irman

Penerbit: Buku Sekolah Elektronik (BSE)
ISBN: 9794628697
Terbit: Juni 2008, 228 Halaman

Ikhtisar

Dalam bab ini, kita mempelajari proses menyimak untuk memahami teks seni berbahasa dan ilmiah sederhana yang berkaitan dengan proses apresiasi, yaitu bagaimana bersikap terhadap pembacaan karya sastra dan teks ilmiah sederhana yang terdiri atas reaksi kinetik dan verbal. Untuk mencapai hal tersebut, kita harus memahami unsur-unsur intrinsik bentuk prosa maupun puisi. Dengan mempelajari materi ini, diharapkan kita akan dapat menunjukkan reaksi kinetik dan verbal terhadap pembacaan prosa fiksi atau prosa faktual dan puisi dengan dasar apresiasi yang benar.

Pendahuluan / Prolog

Kata Sambutan
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, telah melaksanakan kegiatan penulisan buku kejuruan sebagai bentuk dari kegiatan pembelian hak cipta buku teks pelajaran kejuruan bagi siswa SMK.

Karena buku-buku pelajaran kejuruan sangat sulit di dapatkan di pasaran. Buku teks pelajaran ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh penulis yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para pendidik dan peserta didik SMK.

Buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (download), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan ditayangkan soft copy ini diharapkan akan lebih memudahkan bagi masyarakat khsusnya para pendidik dan peserta didik SMK di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri untuk mengakses dan memanfaatkannya sebagai sumber belajar.

Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada para peserta didik kami ucapkan selamat belajar dan semoga dapat memanfaatkan buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.

Jakarta, 17 Agustus 2008
Direktur Pembinaan SMK

Prakata
Puji syukur hanya pantas dipersembahkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan nikmat berupa kemudahan dan kelancaran, serta petunjuk-Nya yang diberikan sehingga penyusun dapat menyelesaikan buku panduan Bahasa Indonesia Kelas XII untuk SMK.

Buku ini disusun Sesuai Standar Isi SK dan KD. Penyajian materi disesuaikan dengan penjabaran yang terdapat pada silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengarah pada standar kompetensi, yaitu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat unggul.

Standar kompetensi ini, dituangkan menjadi lima kompetensi dasar, yaitu:
1. Menyimak untuk memahami secara kreatif teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana
2. Mengapresiasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana.
3. Menulis proposal untuk kegiatan ilmiah sederhana
4. Menulis surat dengan memperhatikan jenis surat
5. Menulis laporan ilmiah sederhana

Penekanan materi pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa SMK kelas XII ialah pada keterampilan memahami informasi yang bersifat teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana. Melalui pemahaman terhadap teks seni berbahasa atau sastra, diharapkan siswa memiliki kepekaan terhadap karya sastra dan dapat meningkatkan sikap apresiatif terhadap karya seni. Selain itu, keterampilan menulis secara ilmiah juga tak kalah pentingnya untuk dimiliki siswa pada tingkat unggul karena terampil menulis secara tertib, sistematik, dan logik baik dalam bentuk proposal maupun laporan merupakan bekal kemampuan diri (life skill) untuk menghadapi tuntutan setelah menyelesaikan sekolah baik yang memilih langsung bekerja maupun melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

Untuk itu, penulis menyajikan materi pelajaran dengan berbagai contoh yang variatif dan ulasan yang terperinci disertai tugas-tugas yang memacu siswa mengaplikasikan pokok-pokok pembelajaran agar mencapai tujuan pembelajaran sesuai kompetensi yang telah ditentukan. Tepatlah jika buku ini dijadikan buku panduan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa SMK dan sejenisnya pada tingkat unggul. Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Unggul Kelas XII.

Di samping itu, uraian pokok-pokok materi yang lengkap serta terperinci dalam buku ini akan memacu siswa belajar mandiri dan mengasah nalarnya dalam memahami bacaan. Membiasakan siswa membaca dan memahami isi bacaan diharapkan dapat melatih siswa dalam membaca soal dan menangkap maksud soal dengan cepat dalam ujian akhir. Pada akhir pelajaran, guru dapat mengukur kemampuan siswa dengan soal-soal uji kompetensi yang disediakan pada setiap bab.

Akhir kata, penulis menerima saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua dan bagi siapa saja yang mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Amin! Jakarta, Januari 2007

Penulis

Daftar Isi

Cover
Kata Sambutan
Prakata
Daftar isi
Bab I. Menyimak untuk memahami secara seni teks kreatif berbahasa dan teks ilmiah sederhana
     A. Hakikat Apresiasi
     B Proses Apresiasi
     C. Jenis Apresiasi
     D. Pengertian Prosa
     E. Memahami puisi
     Uji kompetensi
Bab II. Mengapresiasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana
     A. Diksi
     B. Menangkap Pesan yang Tersirat dalam Karya Sastra
     C. Memberi Tanggapan terhadap Prosa
     D. Memberi Tanggapan terhadap Puisi
     Uji kompetensi
Bab III. Menulis proposal untuk kegiatan ilmiah sederhana
     A. Pengertian Proposal
     B. Sistematika Proposal
     C. Bahasa Proposal
     Uji kompetensi
Tes semester ganjil
Bab IV. Menulis surat dengan memperhatikan jenis surat
     A. Pengertian Surat
     B. Format Surat
     C. Jenis-Jenis Surat
     D. Surat Lamaran Pekerjaan
     E. Surat Undangan
     F. Surat Edaran
     G. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan SuratDinas dan Resmi
     Uji kompetensi
Bab V. Menulis laporan ilmiah sederhana
     A. Pengertian Laporan
     B Sistematika Laporan Ilmiah
     C. Langkah-Langkah Membuat Laporan
     D. Teknik Pengutipan
     E. Teknik Penulisan Daftar Pustaka
     F. Teknik Penulisan Istilah (Indeks)
     G. Format Penulisan Laporan, Ukuran, dan Jenis Kertas
     Uji kompetensi
Tes semester genap
Daftar pustaka