Tampilkan di aplikasi

Rival Abadi, Toyota All New Fortuner VRZ 4X2 A/T vs Mitsubishi

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 539
11 Mei 2016

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 539

Keduanya sama-sama sedang mengejar titel raja di kelas SUV 7-seater Tanah Air. / Foto : Rusli Ilfan

Car & Tuning Guide
Persaingan antara Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner terus berlanjut di Indonesia. Apalagi, generasi terbaru dari masing-masing mobil ini diluncurkan dalam waktu yang hampir bersamaan. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan keduanya mulai bulan Januari hingga Maret 2016 saling berkejaran.

Untuk All New Pajero Sport hingga Maret sudah terjual 5.375 unit, sementara All New Fortuner terjual sebanyak 4.954 unit. Dari semua unit yang laku terjual, varian yang paling laris adalah varian menengah, yakni All New Pajero Sport Dakar 4x2 dan All New Fortuner VRZ 4x2. Berdasarkan data tersebut di atas, kami sengaja menghadirkan pengujian di antara kedua mobil ini. Dan yang berbeda dalam pengujian kali ini, kami menggunakan pendekatan baru yang bisa menggambarkan kondisi berkendara sehari-hari

Untuk itu, selain tes performa yang sudah lazim, kami juga menguji akselerasi pertengahan yang Anda sendiri kemungkinan besar pernah merasakan saat kondisi stop and go atau ketika ingin menyusul kendaraan lain di depan saat jalan luar kota atau di jalan tol. Tak lupa, tes handling dan pengereman juga kami lakukan untuk menggambarkan seberapa gesit kedua mobil ini. Dan terakhir, data yang paling dicari tentu saja tes penggunaan bahan bakar yang jadi salah satu faktor dalam pembelian mobil. Oiya, kami juga menyuguhkan estimasi biaya perawatan kedua mobil ini.

Yang menarik, tak hanya tampilan baru saja yang ditawarkan. Kedua mobil ini hadir dengan jantung pacu baru yang memiliki kapasitas lebih kecil namun punya tenaganya justru lebih besar dari mesin lamanya Seperti All New Pajero Sport Dakar kini disematkan mesin berkode 4N15. Dengan kapasitas 2.442 cc MIVEC turbocharged dan intercooled, mesin ini siap memuntahkan tenaga maksimum 181 ps pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm di 2.500 rpm. Mesin tersebut dibekali teknologi Variable Geometry Turbo (VGT).
Majalah Car & Tuning Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI