Tampilkan di aplikasi

All New Audi A4 2.0 TFSI Quattro, sang volume maker

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 541
8 Juni 2016

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 541

Generasi terbaru dari Audi A4 yang menggunakan kode bodi B9 akhirnya menyapa Indonesia / Foto : Andi Arsi

Car & Tuning Guide
Setelah BMW 3-Series dan Mercedes-Benz C-Class meramaikan pasar compact sedan premium Tanah Air, akhirnya Audi kembali menghadirkan generasi kesembilan dari Audi A4. Bisa dikatakan Audi A4 merupakan tulang punggung dari penjualan Audi di seluruh dunia. Satu dari lima mobil yang dijual Audi secara global merupakan Audi A4. Di Indonesia, All New Audi A4 hadir dalam dua pilihan tenaga meski sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.984 cc. Pertama All New Audi A4 2.0 TFSI bertenaga 190 dk dan All New Audi A4 2.0 TFSI quattro yang memiliki tenaga maksimum di angka 252 dk. Dan yang ada di hadapan Anda ini merupakan All New Audi A4 varian tertinggi berpenggerak empat roda khas Audi (quattro) seharga Rp 1,2 miliar.

Kalau dilihat secara desain, bisa jadi orang awam akan sulit membedakannya dibanding versi terdahulu. Tapi ini merupakan generasi baru dari Audi A4 yang sudah mengandalkan platform MBL terbaru. MBL merupakan singkatan dari Modularer Längsbaukasten, dalam bahasa Jerman yang berarti ‘Modular Longitudinal Matrix’. Berkat platform ini, Audi A4 bisa dipangkas bobotnya sekitar 120 kg. Namun satu hal yang paling mudah terlihat beda A4 ini dibanding generasi sebelumnya yakni tampilan headlamp berdesain seperti huruf L terbalik yang sudah menerapkan Matrix LED. Bahkan Anda tak akan menemui lagi foglamp di bagian bawah bumper, karena sudah langsung menyatu di lampu utama.

Lampu belakang juga mirip dengan versi depan berdesain huruf L terbalik. Ditambah lagi, semakin menarik karena lampu penanda belok bagian belakang sudah mengandalkan sequential turning signal LED. Hal ini membuat LED sein ini seperti berjalan dari sisi satu ke sisi lainnya ketika menyala. Pada bagian interior, versi tertinggi dari Audi A4 ini menawarkan opsi Virtual Cockpit. Perangkat instrumen digital ini akan menjadi fokus bagi pengemudi. Layar berukuran 12,3 inci juga mampu memberikan berbagai informasi mulai dari Drive Select hingga sistem audio yang didukung perangkat ternama Bang & Olufsen 3D.
Majalah Car & Tuning Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI