Tampilkan di aplikasi

Toyota Kijang Innova 2.5G 2008, ubahan bertahap

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 541
8 Juni 2016

Majalah Car & Tuning Guide - Edisi 541

Jadi bisa lebih presisi dalam menentukan part audio yang akan digunakan. / Foto : Arthamiya

Car & Tuning Guide
Dalam meracik sebuah sistem audio yang ciamik pada mobil, sejatinya tidaklah segampang memasang part-part tertentu. Dibutuhkan adaptasi sekaligus penyesuaian dan penemuan kecocokan antar masing-masing part audio. Sehingga, hasilnya mampu memuaskan baik pemilik maupun penumpang. Hal inilah yang diamini oleh Robby dari komunitas Innova VVT-i Community (IVC) yang cukup selektif dan hati-hati dalam memilih part audio. Hal tersebut ia lakukan demi mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. “Intinya sih bisa memuaskan indera pendengaran,” jelas penggemar musik pop dan audiophile ini.

Karena ini adalah mobil sehari-hari Robby, maka, “Saya bikin gimana caranya mobil ini terlihat tetap nyaman. Jadi banyak dress up di kabin, termasuk salah satunya bagian audio. Untuk Audio sendiri saya bangun pelan-pelan. Dari 2-way jadi 3-way. Efeknya sih jadi racun sendiri...hehehe,” kekeh Robby mengenai mobil kesayangannya. “Kebetulan saya juga ganti setir pakai All-New Kijang Innova, makanya sekalian di-setting tombolnya untuk bisa mengatur head unit Pioneer ini. Jadi untuk nerima telepon, pindah folder, source, naik-kecilin volume, sampai matiin layar bisa dilakukan dari setir tanpa harus sentuh layar head unit,” tambahnya.

Trik Upgrade Parts Tepat-Guna Menggandeng workshop Gema Audio, Innova milik Robby mengalami serangkaian ubahan, mulai dari sektor input hingga output audio. Untuk proses input audio, Robby memilih head unit Pioneer AVH-X8850BT yang masih tergolong fresh di kalangan pengguna audio Pioneer. Penggunaan head unit Pioneer AVHX8850BT, dikawinkan dengan prosesor VOX PROSIX FSC-6 MkII. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan kualitas suara yang makin ciamik. Dari prosesor, kemudian disalurkan ke power amplifier mosconi AS 100.4, yang ditempatkan di bawah jok pengemudi.
Majalah Car & Tuning Guide di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI