Tampilkan di aplikasi

Cloud pendorong smart city di Indonesia

Majalah CHIP - Edisi 11/2016
3 November 2016

Majalah CHIP - Edisi 11/2016

Implementasi Smart City tentu diharapkan akan menghadirkan perubahan, serta peningkatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga pada akhirnya dapat menyelesaikan berbagai tantangan yang menghantui Indonesia.

CHIP
Kota-kota di Indonesia – baik kota besar maupun satelit – kini semakin gencar dalam menerapkan konsep smart city. Kota-kota seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bontang, hingga Samarinda, terus bertransformasi menjadi kota pintar (smart city). Kesemuanya dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup warganya dengan menyelesaikan masalah perkotaan seperti kemacetan, kepadatan penduduk, hingga mengatasi masalah penumpukan sampah, dan sebagainya. Bahkan, sebuah studi dari IDC berjudul “Building Smart Cities in Indonesia – Embracing Digital Transformation and Innovation across Cities” menyebutkan bahwa minat akan implementasi Smart City di Indonesia terus meningkat.

Lebih lanjut, IDC juga mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia telah memiliki rencana untuk menyiapkan dana lebih dari USD 420 miliar guna menyelesaikan proyek infrastruktur telekomunikasi dalam kurun waktu 5 tahun. Hal ini tentu termasuk salah satu upaya untuk semakin menggeber Smart City di Indonesia. Dari sudut pandang teknologi, implementasi smart city tentu tidak dapat dipisahkan dari teknologi cloud. Pasalnya, arus lalu lintas data dari dan menuju aplikasi penunjang sensor yang dibutuhkan dalam mewujudkan smart city semakin masif. Tentu akan merepotkan apabila segala data dan informasi dalam aplikasi diterapkan pada data center on-premise. Hal ini disebabkan infrastruktur on-premise belum tentu dapat mengikuti perkembangan arus data tersebut secara cepat, baik dari segi kapasitas maupun teknologi. Karena, menambahkan kapasitas atau fungsionalitas baru di data center on-premise membutuhkan waktu dan proses yang jauh lebih lama di bandingkan dengan cloud. Ada segudang problematika yang muncul saat melakukannya, mulai dari kompatibilitas, hingga biaya yang dibutuhkan dalam proses tersebut.
Majalah CHIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI