Tampilkan di aplikasi

Telehandler bisa menggantikan fungsi lima alat

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Mar-Apr 2019
2 April 2019

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Mar-Apr 2019

Manitou MT-X 1840

Equipment Indonesia
Mengandalkan satu unit mesin untuk mengerjakan rupa-rupa pekerjaan di berbagai industri mungkin dianggap bombastis oleh orang-orang awam, namun itulah fakta sebenarnya untuk mesin telehandler.

Telehandler atau telescopic handler adalah alat angkat serba guna yang memiliki telescopic boom yang dilengkapi dengan lifting attachment. Alat ini mirip dengan forklift tetapi memiliki boom, yang membuatnya lebih menyerupai crane dari daripada forklift.

Telescopic atau articulating boom dapat menjulur ke depan dan ke atas, baik jangkau pendek maupun jauh, yang menjadikannya alat serba guna. Pada ujung boom dapat dipasang salah satu dari beragam attachment yang tersedia sesuai kebutuhan aplikasi pengguna. Beragam kegunaan alat ini menjadikannya mesin yang tepat untuk kebutuhan berbagai industri dalam operasi sehari-hari.

“Telehandler dapat menggantikan fungsi lima jenis alat mulai dari wheel loader, forklift, areal work platform, skid steer loader hingga crane. Itu sebabnya penggunaan alat ini bisa lintas sektoral.

Hanya dengan mengganti attachmentnya, telehandler dapat berfungsi sesuai kebutuhan pelanggan. Ada yang pakai pallet, bucket, bucket grappler, hingga tire handler, bahkan pakai untuk wiper untuk menyapu. Jadi, tergantung kebutuhan masing-masing pelanggan,” kata Edy Santara, Regional Business Manager JCB Sales Asia kepada Equipment Indonesia beberapa waktu lalu di Jakarta. JCB merupakan salah satu produsen telescopic handler terbesar dunia.
Majalah Equipment Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI