Tampilkan di aplikasi

Volvo EC200D mampu hemat pemakaian BBM hingga 25%

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Des - Jan 2020
19 Desember 2019

Majalah Equipment Indonesia - Edisi Des - Jan 2020

Excavator Volvo EC200D mampu menurunkan penggunaan bahan bakar hingga 25 persen pada sebuah tambang pasir di Lumajang, Jawa Timur.

Equipment Indonesia
Pelanggan baru Volvo Construction Equipment (Volvo CE), CV Putra Kartini, memutuskan membeli excavator EC200D untuk mendongkrak produksi tambang pasir di Jawa Timur. EC200D segera membuktikan mampu menghemat seperempat penggunaan bahan bakar.

Sebelumnya, CV Putra Kartini mengandalkan unit rental untuk mengerjakan tambang pasir miliknya di Lumajang, Jawa Timur. Namun, setelah mengetahui performa swing torque dan kemampuan pengedukan Volvo EC200D yang luar biasa, mereka menjatuhkan pilihannya untuk membeli excavator 20 ton tersebut.

“Ini merupakan kali pertama kami memiliki unit Volvo CE dan EC200D, yang terbukti mampu bekerja cepat tetapi irit bahan bakar,” kata Ahmad Alfandi, Direktur CV Putra Kartini. “Unit yang kami gunakan sebelumnya membutuhkan 20 liter solar per jam. Begitu memakai Volvo CE, penggunaan bahan bakar menjadi 15 liter/jam, atau turun 25%.” Beroperasi sejak September 2018, EC200D bekerja 12 jam sehari dalam 6 hari per minggu untuk mengambil pasir dan memindahkannya ke truk.

Rata-rata dalam sehari excavator Volvo ini mampu mengisi 50 truk pasir. Hingga berita ini diturunkan, unit telah bekerja selama sekitar 3.000 jam. Menurut Alfandi, operator-operatornya juga banyak yang menyukai EC200D karena mudah dioperasikan. Mereka juga merasa sangat betah duduk di dalam kabin berkat desain interior yang ergonomis, nyaman, dan dengan visibilitas mumpuni khas produk Volvo.
Majalah Equipment Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI