Tampilkan di aplikasi

Harus memiliki budaya kerja pemenang

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 11/XI/2017
14 Maret 2018

Majalah Franchise Indonesia - Edisi 11/XI/2017

Banyak kendala yang harus dihadapi pemilik bisnis untuk menjadi penguasar pasar di kategori bisnisnya.

Franchise Indonesia
Tidak mudah menjadi marker leader. Banyak kendala yang harus dihadapi pemilik bisnis untuk menjadi penguasar pasar di kategori bisnisnya. Apa saja prasyarat yang harus ditempuh untuk menjadi market leader?

Menjadi pemimpin pasar tentu saja menjadi impian semua pemilik merek. Namun jalan menuju ke sana tidak mudah. Disamping harus memenuhi prasyarat yang tidak gampang, pemilik merek juga harus mampu menghadapi berbagai kendala bisnis yang menghadang. Apalagi di industri franchise, ada beberapa kendala yang tidak terdapat di bisnis umumnya.

Pengamat Bisnis dari The Jakarta Consulting Group, AB Susanto mengatakan, untuk menjadi market leader kendala yang paling sering dijumpai di industri franchise adalah mencari para franchisee yang tepat. “Terkadang ada franchisor yang memiliki ribuan calon investor, namun setelah di saring, kemungkinan bisa lebih dari 80%- nya tereliminasi,” ujarnya.

Karena di bisnis franchise, kata dia, banyaknya jumlah gerai yang dibuka merupakan salah satu faktor utama menjadi market leader. Artinya mereka tidak terlampau lama memberikan waktu bagi franchisee, jika mereka tidak profit dalam kurun waktu yang ditentukan (biasanya 6 bulan), maka harus segera tutup.

Dan akhirnya perusahaan membuka gerai baru lagi di tempat lain. Untuk itu banyak sekarang ditemukan gerai-gerai baru maupun gerai yang tutup. Di bisnis franchise, jelas Susanto, menjadi penguasa pasar selalu kembali kepada ke pemiliknya. “Karena sekarang ini bisnis franchise sudah lebih kepada strategic thinking. Tidak hanya melihat profit ataupun inovasi semata,” katanya.
Majalah Franchise Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI